• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Tapal Kuda

Terus Berinovasi, LP Ma'arif NU Lumajang Siapkan Sekolah Unggulan

Terus Berinovasi, LP Ma'arif NU Lumajang Siapkan Sekolah Unggulan
Fariq Sulhi, Wakil Ketua PC LP Ma'arif NU Lumajang saat sosialisasi SOP sekolah/madrasah di bawah naungannya. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Fariq Sulhi, Wakil Ketua PC LP Ma'arif NU Lumajang saat sosialisasi SOP sekolah/madrasah di bawah naungannya. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kabupaten Lumajang tidak berhenti berinovasi. Seiring persaingan pendidikan yang begitu pesat, LP Ma'arif NU Lumajang telah menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) untuk menjadikan sekolah atau madrasah di bawah naungannya menjadi sekolah yang terus diminati masyarakat.

 

Wakil Ketua PC LP Ma'arif NU Lumajang, Fariq Sulhi menuturkan, lembaga pendidikan itu harus menyiapkan program hebat yang bisa dinikmati dan dirasakan masyarakat luas. Ia mengibaratkan program tersebut sebagai madu dan gula yang secara otomatis banyak semut yang datang dengan sendirinya.

 

"Kita sudah siapkan SOP-nya, SOP ini yang nantinya menjadi standard setiap sekolah dan madrasah dalam setiap inovasi yang disusun, agar inovasi itu tidak sekedar pokoknya ada, jadi harus betul-betul ada acuannya," ungkap Fariq kepada NU Online Jatim, Senin (11/10/2021).

 

Selain itu, Fariq menuturkan timnya akan terus turun ke bawah atau turba untuk mensosialisasikan hal tersebut, sekaligus sebagai penguatan kepada beberapa sekolah yang ada di bawah naungan LP Ma’arif NU.

 

"Kemarin kita turba di SMPI Jatiroto Lumajang untuk menyampaikan hal ini. Yang intinya sebelum memulai program dan inovasinya, semua tenaga pendidik harus punya rasa cinta 100 persen kepada lembaganya. Hambatan akan muncul jika cintanya setengah-setengah," imbuhnya.

 

Secara garis besar, SOP yang disusun oleh LP Ma'arif NU Lumajang lebih mengedepankan pembentukan karakter siswa. Dicontohkan olehnya terkait kegiatan shalat bagi siswa di sekolah, sehingga dengan pembiasaan disiplin ini maka kepercayaan wali murid semakin meningkat.

 

"Misalnya kayak shalat, disiplin shalat ini penting diangkat menjadi program unggulan tidak berbiaya. Hal ini menurut saya sebuah pola program yang luar biasa,” tambahnya.

 

Ia menekankan, program unggulan dengan inovasi menarik yang memanfaatkan tekonomogi perlu juga dipromosikan. Dengan begitu, kegiatan dan inovasi lembaga bisa diketahui masyarakat luas dan tergerak menyekolahkan anaknya.

 

"Perlu juga menggerakkan tim-tim media. Zaman sekarang itu sebagus apapun program sekolah tanpa ada promosi lewat media itu hampa. Karena media itu pengaruhnya sangat besar terhadap pergerakan kita. Semoga kita bisa istiqomah dalam memajukan pendidikan," pungkasnya.

 

Penulis: Sufyan Arif


Tapal Kuda Terbaru