• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Tapal Kuda

Ulama dan Umara di Situbondo Doakan Konfercab NU Berjalan Lancar

Ulama dan Umara di Situbondo Doakan Konfercab NU Berjalan Lancar
Bendera NU. (Foto: NU Online)
Bendera NU. (Foto: NU Online)

Situbondo, NU Online Jatim

Ulama, pengasuh pesantren, tokoh masyarakat, dan umara di Kabupaten Situbondo mendoakan agar pelaksanaan Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama (Konfercab NU) kabupaten setempat yang tak lama lagi akan digelar berlangsung lancar dan sukses. Hasil Konfercab juga diharapkan bermanfaat, baik bagi kemajuan NU maupun kebaikan bagi masyarakat setempat.

 

Harapan itu terasa dalam kegiatan rutin Forum Silaturrahim Pengasuh Pesantren, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Situbondo wilayah barat di Masjid Khoirul Bashar Desa Kalirejo, Kecamatan Sumbermalang, pada Sabtu pekan lalu.

 

Hadir dalam pertemuan tersebut 49 pengasuh pondok pesantren, 59 tokoh agama dan tokoh masyarakat dari tujuh kecamatan di Situbondo. Dari pihak pemerintah, hadir di antaranya Wakil Bupati Situbondo, Kasat Intel Polres Situbondo, dan Forkopimka Sumbermalang.

 

Ketua Forum Silaturrahim K Mohammad Hasan Nailul Ilmi. Beberapa poin yang dihasilkan dalam musyawarah tersebut, di antaranya adalah bahwa anggota forum tersebut mendukung sepenuhnya pelaksanaan Konfercab NU Situbondo yang tak lama lagi akan digelar.

 

“Kami berharap konferensi tersebut menghasilkan keputusan-keputusan yang benar-benar representatif, mewakili aspirasi seluruh Nahdliyin di Kabupaten Situbondo dari seluruh wilayah,” kata Hasan dikutip NU Online Jatim pada Selasa (01/06/2021).

 

Musyawarah yang dipimpin oleh Pengasuh PPSS Syekh Abdul Qodir Jailani RA ini juga bertekad untuk terus mengawal penguatan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah sebagai upaya menangkal aliran ekstrim keagamaan yang saat ini mulai marak.

 

Penguatan ini dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak terkait, seperti pemerintah kabupaten, kementerian agama, dan Bakor Pakem Kabupaten Situbondo. Kiai Hasan mengajak kepada seluruh pengasuh pesantren, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, terutama wilayah barat Situbondo, untuk selalu menjaga kekompakan, ukhuwah, dan semangat perjuangan, serta mengedepankan asas musyawarah kekeluargaan dalam menjalankan program-program yang telah dicanangkan oleh Forum Silaturrahim.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru