Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Matraman

Cuaca Cerah, Masyarakat Antusias Ikut Rukyatul Hilal

Pelaksanaan rukyatul hilal di Pos Pengamatan Bulan (POB) Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Pelaksaan rukyatul hilal untuk penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriyah di Pos Pengamatan Bulan (POB) Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar terpantau cerah. 


Bahrul Ulum, Tim Rukyat Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Blitar menyatakan suasana di POB Bukit Banjarsari cukup cerah, dan apabila keadaan tetap dan keadaan ufuk cerah kemungkinan hilal teramati bisa terjadi. 


"Tetapi, untuk memastikannya kita menunggu huruf saja, tetapi dengan kondisi awan yang tipis kemungkinan hilal bisa teramati, ditambah perkiraan ketinggian hilal saat ini tinggi, sekitar 7 sampai 9 derajat," terangnya.


Untuk menunjang pelaksanaan rukyatul hilal ini, Tim LFNU Kabupaten Blitar menggunakan dua teropong dengan tipe  Ioptron Cube R80 dan beberapa alat penunjang lain. 


Sementara itu, keadaan yang cerah mengundang animo masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Terlihat beberapa lembaga pendidikan dan pondok pesantren di Blitar dan sekitarnya memanfaatkan kesempatan ini untuk praktik secara langsung metode rukyat. 


Syaifudin, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar mengungkap, kegiatan ini cukup mengesankan dan bermanfaat apalagi dalam pembelajaran di kuliah ada mata kuliah Ilmu Falak.


"Sehingga kami bisa praktik secara langsung dalam melakukan pengamatan bulan untuk penentuan awal bulan," jelasnya. 


Sementara itu, ada 200 orang yang ikut serta dalam kegiatan. Diantara lembaga yang hadir dan tergabung dalam kegiatan ini yaitu segenap Tim Rukyat LFNU Kabupaten Blitar,  Taufiq, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Perwakilan Kemenag Kabupaten Tulungagung, segenap jajaran pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Ika Nur Fitriani
Editor: Yulia Novita Hanum

Artikel Terkait