• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

PWNU Jatim Keluarkan Laporan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan

PWNU Jatim Keluarkan Laporan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan
Surat laporan kegiatan rukyatul hilal PWNU Jatim perihal 1 Ramadhan 1443 H. (Foto: NOJ/ISt)
Surat laporan kegiatan rukyatul hilal PWNU Jatim perihal 1 Ramadhan 1443 H. (Foto: NOJ/ISt)

Surabaya, NU Online Jatim
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur merekomendasikan 1 ramadhan 1443 H jatuh pada Ahad (03/04/2022). Hal tersebut berdasarkan hasil dari laporan tim rukyatul hilal di sejumlah daerah. Rekomendasi kemudian disampaikan sebagaimana surat yang telah dikeluarkan dengan nomor: 1304/PW/AII/I.IV/2022.


“Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, sehubungan dengan dilaksanakannya kegiatan rukyatul hilal awal Ramadhan 1443 H/01 April 2022 Masehi yang dilaporkan oleh Pimpinan Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PW LFNU) Jawa Timur bahwa HILAL TIDAK BERHASIL DIRUKYAT,” kata surat tersebut. 


Surat ditandatangani oleh KH Anwar Manshur selaku rais, KH Syafrudin Syarif (katib), juga KH Marzuki Mustamar dan H Hasan Ubaidillah sebagai Ketua dan Sekretaris PWNU Jatim.
 

“Oleh karena kondisi tersebut, dalam surat tersebut maka bulan Sya’ban 1443 H digenapkan menjadi 30 hari atau istikmal,” terang surat itu.


“Hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk mengikhbarkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1443 H bertepatan dengan Ahad (03/04/2022) atau mulai Sabtu malam,” tutup surat edaran ini.
 

Hingga berita ini ditulis, sidang isbat bagi penentuan awal Ramadhan 1443 H akan berlangsung di Jakarta. Sejumlah utusan diundang demi memastikan kapan akhir dari bulan Sya'ban sekaligus penanda Ramadhan tahun ini. 


Warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin juga diminta untuk menunggu hasil sidang isbat yang diumumkan pemerintah. Kemudian menaati, apakah puasa Ramadhan akan diawali hari Sabtu atau Ahad. 


Metropolis Terbaru