Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Pemerintahan

Jatuh Bangun Bisnis Pesantren Nurul Amanah Bangkalan

Keripik jamur juara produk Pesantren Nurul Amanah Bangkalan. (Foto: NOJ/opopjatim)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Nurul Amanah, Bangkalan memiliki program untuk menggratiskan biaya Pendidikan bagi 30-40 persen santrinya. Untuk itu pesantren memerlukan sumber-sumber dana guna memenuhi kebutuhan operasional pesantren. Hal tersebut diungkapkan oleh KH Jazuli Nur, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amanah, Bangkalan.

 

“Dalam rangka memenuhi kebutuhan operasional pesantren saya mencoba berbagai macam cara. Seperti ternak lele, kambing etawa, bebek, sampai jamur,” kata Kiai Jazuli, Ahad (02/06/2021).

 

Kendati demikian, berbagai usaha tersebut tidak mulus. Banyak yang diawal merintis sudah mengalami kegagalan.

 

“Saat ternak lele kami gagal karena banyak yang dimakan endiri. Begitu juga ternak kambing etawa yang dicuri orang. Kami coba lagi dengan ternak bebek dan budidaya jamur,” terangnya.

 

Jatuh bangun tersebut tidak menyurutkan semangat kiai dalam berbisnis. Salah satu buktinya adalah, kini dari budidaya jamur bisa menghasilkan produk keripik jamur juara.

 

“Keripik jamur juara ini sudah dikemas dengan baik dan pemasarannya pun sudah sampau Jakarta,” ujarnya.

 

Menurut Dzikrullah, pengelola unit usaha pesantren, pemilihan budidaya jamur bukan tanpa alasan. Melainkan karena jamur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 

“Jamur baik untuk kesehatan tulang dan jantung. Akhirnya kami dan alumni membuat tempat budidaya jamur,” ungkapnya.

Risma Savhira
Editor: Risma Savhira

Artikel Terkait