Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Pendidikan

Prodi PAI UIN Malang Diserbu Pendaftar UM PTKIN

Panitia lokal UM PTKIN. (Foto: NOJ/jhumas)

Malang, NU Online Jatim

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terus menjadi primadona bagi calon mahasiswa jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), Senin (29/05/2023) Sebanyak 1547 peserta memilih Prodi PAI di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada seleksi tahun ini. 

 

Menempati peringkat kedua, Fakultas Syariah juga tidak kalah diminati dengan jumlah peminat mencapai 1229 peserta. Sementara itu, posisi ketiga diduduki oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) dengan jumlah peserta sebanyak 904. Sisanya tersebar di sepuluh Program Studi lainnya yang ditawarkan.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Hj Umi Sumbulah menyampaikan bahwa UM PTKIN ini merupakan jalur yang hanya membuka khusus untuk Prodi keagamaan saja, dan UIN Maliki Malang sudah membuka 13 Prodi dari jalur UM PTKIN 2023 ini. "Alhamdulillah total peminat dari pilihan pertama, kedua, dan ketiga mencapai 10.016 peserta," paparnya.

 

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAKK), Dr H Barnoto, berharap hasil seleksi calon mahasiswa baru dari jalur UM PTKIN ini benar-benar dapat menghasilkan mahasiswa unggulan yang sesuai dengan visi kampus dalam menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan bereputasi internasional. "Hal ini tentunya sejalan dengan visi kampus kita tercinta," paparnya.

 

Barnoto menjelaskan bahwa tes ini minimal dapat mengelompokkan calon mahasiswa yang memiliki prestasi dan keunggulan di bidang akademik dan keilmuan. Dengan demikian, diharapkan dari proses seleksi ini UIN Maliki Malang akan mendapatkan calon mahasiswa yang unggul, tidak hanya dalam aspek akademik, tetapi juga dalam karakter ulul albab, yaitu mereka yang berzikir, berfikir, dan beramal shaleh.

 

Karakteristik mahasiswa seperti ini menjadi harapan UIN Maliki Malang. Artinya, para calon mahasiswa UIN Maliki Malang diharapkan dapat menjadi contoh dan siap menjadi pemimpin bangsa di masa depan yang amanah serta senantiasa memegang tinggi sikap kejujuran, amanah, keadilan, dan kebijaksanaan. "Tentunya, untuk mencapai tujuan mulia ini, UIN Maliki Malang harus selektif dalam memilih mahasiswanya melalui proses seleksi seperti jalur UM PTKIN ini," tambahnya.

 

Diharapkan bahwa dengan adanya proses seleksi yang ketat ini, UIN Maliki Malang akan dapat melahirkan generasi mahasiswa yang berkualitas, berkomitmen terhadap agama, dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat serta menjadi pemimpin masa depan yang dapat memajukan bangsa dan negara.

A Habiburrahman
Editor: Risma Savhira

Artikel Terkait