• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Jujugan

Cafe Sawah Pujon Kidul Malang, Beri Pemandangan Banyak Gunung

Cafe Sawah Pujon Kidul Malang, Beri Pemandangan Banyak Gunung
Pemandangan Cafe Sawah di Pujon Kidul, Malang. (Foto: NOJ/Firdausi)
Pemandangan Cafe Sawah di Pujon Kidul, Malang. (Foto: NOJ/Firdausi)

Malang, NU Online Jatim

Warga Jawa Timur tahu bahwa Malang merupakan kota yang kaya dengan wisatanya. Adapun yang sering dikunjungi warga adalah Cafe Sawah Pujon Kidul yang didirikan di tengah-tengah area persawahan, di kelilingi dengan pemandangan Gunung Kelud, Gunung Welirang, Gunung Dorowati, dan Gunung Kelet yang memanjakan mata.


Lingkungan wisata yang di kelilingi persawahan yang asri, ladang yang hijau, dan udara yang sejuk pegunungan memberikan ketenangan tersendiri bagi para pengunjung saat melihat pemandangan gunung dan hamparan persawahan. 


Di tambah dengan kondisi masyarakat yang ramah, mampu menghadirkan kesan mengingat semasa kecil ketika bermain-main di wilayah pedesaan. Menurut Ahmad Fathai, pengunjung asal Sumenep, tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian kota yang hingar bingar.


“Kami bersama keluarga merasa puas ketika berkunjung ke sini. Selain harga tiket yang murah Rp15.000, keluarga dan anak-anak dihibur dengan pemandangan pegunungan dan persawahan,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Kamis (28/12/2023).


Areanya sangat luas, sebelum mengisi petur keroncongan di cafe, dirinya bersama keluarga mengelilingi dihibur dengan aneka jenis tumbuhaan, satwa darat dan air, sebut saja ikan tawar yang membuat dirinya berhenti sejenak untuk memberi pakan kepada ikan koi yang indah.


Selain itu, aneka permainan yang disajikan sangat beragam. Mulai permainan memanah, perahu dayung, dan yang lainnya. Di sisi lain, selain menghibur anak dengan permainan, istrinya merasa puas karena masyarakat sekitar juga menjual aneka buah dan sayur yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.


“Spot fotonya banyak sekali. Ada yang di bawah perbukitan, ada pula yang di atas perbukitan. Pokoknya saya puas dan ingin sekali berkunjung ke sini sambil menyantap makanan dan melihat pemandangan alam,” ungkapnya.


Bagi yang ingin berkunjung ke sana, ia menjelaskan jarak tempuh wisata cafe sawah dengan pusat Kota Malang sekitar 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Lokasinya terletak di Jalan Raya Krajan Dusun Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.  


Awal mula didirikan Cafe Sawah

Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul didirikan di atas tanah kas desa pada bulan Oktober 2016 dengan luas mencapai 6.800 m2. Konsep awal terciptanya cafe sawah muncul dari keinginan kuat dari pemerintah desa untuk memberdayakan dan memandirikan masyarakat desa sesuai dengan visi misi pembangunan desa. 


Didukung dengan pendanaan desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) serta sinergi antara pemerintah desa dan masyarakat lokal, cafe ini akhirnya didirikan. Dengan demikian, cafe sawah ini terbentuk sebagai wujud dari upaya merealisasikan program pembangunan kampung wisata sebagai pusat dan percontohan desa wisata di Pujon Kidul ini.


Jujugan Terbaru