• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Jujugan

Menikmati Segarnya Pathi Pakisan, Takjil Khas di Kawasan Pacitan

Menikmati Segarnya Pathi Pakisan, Takjil Khas di Kawasan Pacitan
Pathi Pakisan siap menemani buka puasa bersama. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)
Pathi Pakisan siap menemani buka puasa bersama. (Foto: NOJ/Kelvin Nuryani)

Pacitan, NU Online Jatim
Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh seluruh umat Islam. Pada bulan tersebut juga identik dengan adanya takjil untuk menu berbuka puasa. Daftar menu takjil juga begitu bervariasi di setiap daerah. Seperti Pathi Pakisan yang bisa dijumpai di Kabupaten Pacitan.
 

Pathi Pakisan ini terbuat dari olahan rumput laut yang dikeringkan, kemudian direbus dan diambil sarinya.
 

“Saya itu jualan Pathi Pakisan mulai tahun 2001 sampai sekarang, tapi hanya ketika bulan Ramadhan saja. Karena adanya permintaan dari pelanggan untuk bahan membuat takjil,” kata Sukarti kepada NU Online Jatim, Sabtu (16/04/2022).
 

Selain untuk mengisi waktu luang, membuat olahan Pati Pakisan juga dapat memberikan keuntungan ekonomi yang lumayan menggiurkan. Hanya dengan Rp1.500 sudah bisa membuat olahan takjil berbahan dasar Pathi Pakisan.
 

“Keuntungan dari olahan Pathi Pakisan itu tergantung dari rumput laut yang diolah banyak atau tidak. Biasanya satu bulan itu saya bisa meraup keuntungan sekitar Rp2 jutaan rupiah,” imbuhnya.
 

Kendati demikian, Sukarti mengaku persediaan rumput laut yang dikeringkan tidak begitu banyak. 
 

“Stok rumput laut kering saya cuma sekitar dua karung kecil. Itu pun bisa bertahan sampai lima tahunan, yang penting kondisi rumput lautnya sudah benar-benar kering,” imbuhnya.
 

Untuk pemasaran Pathi Pakisan sendiri, tidak begitu sulit. Karena Sukarti sudah memiliki pelanggan sedari dulu, sehingga orang-orang yang ingin membeli olahan tersebut langsung datang ke rumahnya.
 

“Biasanya itu mereka yang mau beli datang ke rumah dan kadang-kadang juga saya titipkan di warung terdekat,” jelasnya..
 

Adapun cara pengolahan rumput laut menjadi olahan Pathi Pakisan juga tergolong mudah. Dan berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk membuat minuman yang cukup menyegarkan tersebut:

 

Bahan-bahan:
1. Rumput laut yang dikeringkan

2. Air

3. Buah markisa

4. Pandan wangi

 

Cara pengolahan:
1. Rumput laut yang sudah dikeringkan dicuci bersih kemudian direbus di dalam panci berukuran besar dan diberi tambahan buah markisa agar tekstur rumput lautnya cepat lunak.

2. Rebus rumput laut selama kurang lebih 4 jam dan beri daun pandan wangi agar pathi pakisan yang sudah jadi nanti tidak berbau amis.

3. Ketika air rebusan rumput laut mulai berkurang siram dengan air minimal 3 kali.

4. Setelah sudah direbus sampai 4 jam, rumput laut siap diambil airnya.

5. Tuangkan air atau sari rumput laut ke dalam mangkok kecil agar pathi pakisan mudah dicetak.

6. Tunggu sampai teksturnya berubah sedikit mengeras.

7. Pathi pakisan sudah siap untuk dibuat takjil berbuka puasa.
 

Mudah sekali bukan? Olahan ini juga sangat cocok dijadikan takjil berbuka puasa dengan tambahan buah-buahan ataupun lainnya.


Editor:

Jujugan Terbaru