• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Kediri Raya

Dimulai NU Jatim, PWNU Luar Jawa Juga Setuju Muktamar Ke-34 Tahun 2021

Dimulai NU Jatim, PWNU Luar Jawa Juga Setuju Muktamar Ke-34 Tahun 2021
KH Abdussalam Shohib alias Gus Salam, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Romza)
KH Abdussalam Shohib alias Gus Salam, Wakil Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Romza)

Tulungagung, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur telah memutuskan untuk mengusulkan pelaksanaan Muktamar ke-34 digelar tahun 2021. Usulan itu direspons baik dan disetujui PWNU dari luar Jawa agar diperjuangkan bersama saat Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU pada 25-26 September 2021 medatang.

 

KH Abd Salam Sochib alias Gus Salam, Wakil Ketua PWNU Jatim menjelaskan, pihaknya sudah melaksanakan rapat gabungan antara tanfidziyah dengan syuriyah. Hasilnya, sepakat untuk mengusulkan agar muktamar ke-34 NU dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

 

“Dengan pertimbangan mengkhawatirkan terjadinya krisis legitimasi (kepada PBNU) apabila diundur, karena ini (muktamar) sudah diundur setahun,” kata Gus Salam kepada NU Online Jatim saat ditemui usai Rapar Koordinasi (Rakor) PWNU Jatim dengan sejumlah PCNU di Tulungagung, Ahad (19/09/2021).

 

Pengasuh Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, tersebut melanjutkan, pertimbangan lainnya yaitu untuk mengoptimalisasikan kinerja organisasi. “Karena apa pun ketika legitimasinya itu tidak kuat, tentu kinerja akan sia-sia,” tandasnya.

 

Gus Salam mengungkapkan, setelah PWNU Jatim mengambil keputusan untuk mengusulkan pelaksanaan muktamar ke-34 tahun ini, hal itu kemudian disampaikan kepada pengurus NU di luar Jawa.

 

“Dan alhamdulillah direspons dengan baik. Bahkan sampai hari ini yang statemen resmi akan memperjuangkan hal yang sama (pelaksanaan muktamar tahun 2021) setelah dimulai PWNU Jatim, itu ada Kalimatan Selatan, ada Sumatera, ada Bengkulu, ada Nusa Tenggara Barat (NTB), dan banyak kayak-nya dari wilayah-wilayah,” tandas Gus Salam.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru