• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Matraman

Sambut Instruksi NU Jatim, PCNU Tulungagung Segera Dirikan BMTNU

Sambut Instruksi NU Jatim, PCNU Tulungagung Segera Dirikan BMTNU
Ketua PCNU Tulungagung, KH Abdul Hakim Mustofa, sebut pendirian BMT segera dilakukan. (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).
Ketua PCNU Tulungagung, KH Abdul Hakim Mustofa, sebut pendirian BMT segera dilakukan. (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menginstruksikan kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) untuk mendirikan Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Hal ini disampaikan saat rapat koordinasi dengan PCNU Tulungagung, Trenggalek, dan Kota Blitar, Ahad (19/09/2021). Instruksi tersebut disambut baik oleh PCNU Tulungagung dengan segera melakukan pendirian BMTNU.  

 

"PCNU Tulungagung siap melaksanakan instruksi untuk segera mendirikan BMT," kata Ketua PCNU Tulungagung, KH Abdul Hakim Mustofa, Ahad (19/09/2021).

 

Menurutnya, persiapan tersebut telah dibuktikan oleh PCNU Kabupaten Tulungagung sejak awal dengan mengirimkan delegasi khusus untuk mengikuti rapat koordinasi yang digelar di aula NU setempat. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pendirian BMTNU di kota marmer.

 

"Kami kirimkan tokoh Nahdliyin yang ahli di bidang ekonomi, misal Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama, ada juga H Agus Armada yang memiliki keahlian bisnis, serta perwakilan dari badan otonom," lanjut Kiai Hakim.

 

Kiai Hakim memastikan, BMT akan segera berdiri di Kabupaten Tulungagung dalam beberapa bulan ke depan. "Targetnya, tiga sampai empat bulan ke depan, akan berdiri satu BMTNU di Kabupaten Tulungagung," terangnya.

 

Soal pendirian BMTNU tersebut, pihaknya mengaku optimis akan tercapai dengan lancar. Mengingat, prosesnya banyak dibantu dan dilakukan bersama dengan Nahdliyin.

 

"Warga NU di sini tidak sulit untuk diajak bergotong royong di bidang ekonomi, asalkan PCNU Tulungagung menjadi sponsor yang amanah," ungkap Kiai Hakim.

 

Gotong royong warga Nahdliyin tersebut, menurutnya akan membuat BMT milik NU di Kabupaten Tulungagung dapat berkompetisi secara sehat dengan bank maupun koperasi yang telah berdiri. Ia pun berharap, pendirian BMTNU tersebut nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi umat.

 

"Semoga nantinya bisa membantu permodalan usaha Nahdliyin dengan proses yang mudah, sehingga pendapatan usahanya meningkat," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru