• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Kediri Raya

Hari Disabilitas Internasional, Difabel di Blitar Disambang Bupati

Hari Disabilitas Internasional, Difabel di Blitar Disambang Bupati
Para disabilitas di i Rumah Batik Ciprat Kinasih Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar saat dikunjungi Bupati Rini Syarifah. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Para disabilitas di i Rumah Batik Ciprat Kinasih Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar saat dikunjungi Bupati Rini Syarifah. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Pada momentum Hari Disabilitas Internasional binar kebahagiaan memancar dari para difabel di Rumah Batik Ciprat Kinasih Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Pasalnya, hari itu Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan kunjungannya.

 

Mak Rini, sapaan akrabnya, mengungkapkan rasa bahagia sekaligus bangga terhadap potensi dan jiwa optimis yang dimiliki penyandang difabel tersebut. Dirinya juga mengapresiasi semangat dan ketekunan yang dimilikinya. Sesekali, Mak Rini mengajaknya bercengkrama.

 

"Keterbatasan tidak mengurangi semangat mereka untuk terus berkarya. Saya berharap kreatifitas yang dihasilkan menjadi primadona di Blitar hingga mancanegara," ungkapnya.

 

Selain itu, dirinya juga berkesempatan untuk melihat dan mencoba proses pembuatan batik ciprat yang dilakukan oleh penyandang disabilitas tersebut. Mak Rini juga membeli sejumlah kain batik hasil kreasi difabel di Rumah Kinasih yang penuh talenta itu.

 

Edi Cahyono, pemilik usaha batik ciprat, yang juga pengasuh penyandang disabilitas Rumah Kinasih mengungkapkan, sampai saat ini sedikitnya sekitar 56 orang penyandang disabilitas dengan berbagai ketunaan berada di rumah batik tersebut.

 

Kegigihannya dalam mengayomi serta mendidik 56 murid tersebut tak membuatnya patah semangat. Karena dirinya meyakini mereka mampu berkarya, menciptakan prestasi gemilang, serta memiliki hak yang sama dengan yang lainnya.

 

"Saya yakin mereka punya potensi besar. Karena itu, menjadi tugas kita untuk terus membimbing dan memberikan motivasi," katanya saat ditemui NU Online Jatim, Sabtu (04/12/2021).

 

“Saya sangat bahagia serta bersyukur, di tengah kesibukannya, Ibu Bupati dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat kami,” pungkasnya.

 

 

Diketahui, kunjungan Bupati Blitar tersebut tidak serta merta memberi motivasi hidup kepada penyandang disabilitas dan melihat perkembangan batik ciprat khas Blitar. Dipenghujung acara, Mak Rini juga membagikan telur epada seluruh anggota Rumah Kinasih.

 

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru