• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Kediri Raya

Ketua IPPNU Korsel: Perempuan Harus Miliki Spirit Aktualisasi Diri  

Ketua IPPNU Korsel: Perempuan Harus Miliki Spirit Aktualisasi Diri   
Faizah Islamiati, Ketua IPPNU Korea Selatan. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)
Faizah Islamiati, Ketua IPPNU Korea Selatan. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tanggal 08 Maret. Di momentum ini, Faizah Islamiati Ketua Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Korea Selatan, Faizah Islamiati berharap perempuan masa kini miliki spirit aktualisasi.


Disebutkan, peran Kartini terhadap kemajuan perempuan harus dapat dimaknai dan diwujudkan dengan kemampuan intelektualitas, literasi, serta teknologi. "Untuk itu, perempuan masa kini harus memiliki awareness untuk membekali diri dengan penguasaan teknologi," katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (08/03/2022).


Menurutnya, perempuan merupakan sosok yang luar biasa, mampu melakukan berbagai peran di waktu yang bersamaan, yang biasa dikenal multiperan. Baik di ranah keluarga, masyarakat. Pada sisi lain, Faizah merasa prihatin atas kasus kekerasan terhadap perempuan, pelecehan seksual, hingga mendapatkan ketidakadilan yang terjadi belakangan ini.


Menurut Faizah, peringatan hari perempuan hendaknya mampu dimanfaatkan untuk membangun kesadaran dan meningkatkan spirit dalam mewujudkan generasi kartini tangguh berkarakter, cerdas, pantang menyerah, visioner, tanpa melupakan kodratnya sebagai perempuan muslimah.


"Selain Kartini, seperti yang kita tahu peran Ibu merupakan tokoh inspiratif dalam memaknai peran perempuan,"ungkapnya.


Di samping itu, Faizah mengatakan, kini perempuan memiliki peran yang tidak kalah penting dengan laki - laki, kini keduanya memiliki kesetaraan hak, baik di ranah pendidikan, sosial, hingga memilih profesi.


Karena itu, dirinya mengajak untuk menghidupkan kembali sosok pejuang perempuan sejati dalam memperjuangkan cita-cita, perempuan harus selalu mereposisi diri, berkarya untuk kelangsungan hidup yang lebih baik.


Kediri Raya Terbaru