• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Kediri Raya

Pemkab Blitar Gandeng IPNU-IPPNU Jalankan Program Sekolah Sak Ngajine

Pemkab Blitar Gandeng IPNU-IPPNU Jalankan Program Sekolah Sak Ngajine
Pertemuan antara Bupati Blitar Rini Syariha dengan pengurus PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar membahas program Sekolah Sak Ngajine. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Pertemuan antara Bupati Blitar Rini Syariha dengan pengurus PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar membahas program Sekolah Sak Ngajine. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar melibatkan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.


Melalui Program 'Sekolah Sak Ngajine' ini Pemerintah Kabupaten Blitar optimis dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat yang berlandaskan iman dan taqwa sesuai dengan visi dan misi bupati.


Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar, Mochammad Fathul Ulum menuturkan, program Sekolah Sak Ngajine dari Pemkab Blitar tersebut sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan kepengurusannya di pimpinan cabang.


"Mengingat program tersebut menjadi momentum untuk membumikan semangat keilmuan, advokasi pelajar serta meradiasikan pondasi beragama yang rahmatal lil alamin," tuturnya kepada NU Online Jatim, Selasa (02/08/2022) malam.


Menurutnya, dengan adanya jalinan antara Pemkab Blitar dengan IPNU-IPPNU dapat memitigasi sejak dini faham ekstrimisme dan radikalisme di lembaga pendidikan maupun masyarakat secara umum. 


Ia menjelaskan, sinergi antara Pemkab Blitar dengan IPNU-IPPNU dalam program tersebut di antaranya mengintegrasikan pembelajaran reguler dengan kegiatan keagamaan dalam rangka pembinaan karakter dan pembiasaan akhlakul karimah. Kegiatan yang dimaksud meliputi kegiatan mengaji dilengkapi kegiatan beribadah.


Adapun lembaga pendidikan dalam implementasi program tersebut meliputi PAUD, Taman Kanak kanak (TK), Sekolah Dasar, hingga Ssekolah Menengah Pertama (SMP) baik swasta maupun negeri yang ada di Kabupaten Blitar.


Lebih lanjut Ulum menuturkan, IPNU-IPPNU mampu hadir di semua aspek, baik pendidikan, sosial budaya, hingga pemerintahan. Sebab segmentasi IPNU-IPPNU adalah pelajar. Oleh karenanya, peran pelajar NU andil dalam pendampingan atas perkembangan pelajar di Kabupaten Blitar.


"Upaya ini agar terwujudnya generasi yang bertalenta dan berprestasi. Hal ini penting guna menyiapkan generasi yang unggul dan berdaya saing," tuturnya.


Untuk diketahui, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar telah menerapkan dan mengesahkan program Sekolah Sak Ngajine tersebut terlampir dalam surat edaran bupati nomor; 8/420/1122/409.10.0/2022. Terlampir bahwa kegiatan mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Juli 2022.


Program tersebut mengajak sejumlah pihak yang berkompeten untuk merealisasikan. Salah satunya IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar.


Editor:

Kediri Raya Terbaru