• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Kediri Raya

NU Peduli Semeru

Relawan Guru Ngaji NU Blitar Konsisten Bina Anak Korban Semeru

Relawan Guru Ngaji NU Blitar Konsisten Bina Anak Korban Semeru
Kegiatan Ngaji Kitab Alala oleh Relawan Guru Ngaji NU Peduli Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/ Ika Fitria)
Kegiatan Ngaji Kitab Alala oleh Relawan Guru Ngaji NU Peduli Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/ Ika Fitria)

Blitar, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Kabupaten Blitar berusaha untuk membantu dan mengembalikan kondisi psikologis para korban erupsi Gunung Semeru yang berada di pengungsian di Kabupaten Lumajang.

 

Salah satunya dengan ikut andil dalam Layanan Dukungan Psikososial (LDP) untuk anak-anak yang disebar ke beberapa titik di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

 

Dalam program ini, relawan tidak hanya dituntut untuk mengajarkan kitab Alala. Tetapi juga memberikan edukasi pengetahuan umum sekaligus pendampingan untuk mengembalikan psikologis anak-anak terdampak yang berada di posko pegungsian.

 

Di antaranya dengan cara bermain permainan edukasi, atau mengajak anaka-anak bermain di alam, seperti bermain di sungai yang ada di sekitar lokasi.

 

Muhammad Aris Iskandar, salah satu relawan mengungkapkan, sebenarnya hidup bahagia bukanlah pilihan, tetapi hanya cara pandang. Bagaimana seseorang bisa mengubah musibah menjadi anugerah dan selalu berbaik sangka bahwa apapun yang terjadi memiliki hikmah serta pelajaran yang berharga, momen pahit hanyalah uji coba yang tak akan bertahan lama.

 

“Maka dari itu, kehadiran relawan guru ngaji harus membawa energi positif untuk para pengungsi, agar mereka tidak larut dalam kesedihan yang menimpanya,” tutupnya.

 

Samsul Hadi, Wakil Ketua Pengurus Cabang  (PCNU) Kabupaten Blitar berharap, adanya relawan guru ngaji dari NU Peduli Kabupaten Blitar dapat segera memulihkan keadaan pada lokasi yang terdampak.

 

“Dan semoga apa yang relawan lakukan dan berikan kepada mereka diridhoi oleh Allah SWT,” pungkasnya.

 

Sampai saat ini, sudah empat gelombang yang diberangkatkan ke lokasi. Rencananya, kegiatan ini akan terus berlangsung sampai keadaan normal kembali.

  

Maka dari itu, NU Peduli Kabupaten Blitar mengajak relawan lain untuk bergabung, serta mengajak para donatur untuk menyukseskan kegiatan ini melalui platform digital yang disediakan, yaitu:

 

https://kitabisa.com/336863 atau berdonasi melalui :

Bank BNI 1421579999 a.n NU Care Lazisnu Kab. Blitar

Bank BRI 000901003116307 a.n Infaq Lazisnu Kab. Blitar

Bank Jatim Infaq 6152005797, Zakat 6152006799

Bank Muamalat Infaq 7450099999, Zakat 7450088888


Editor:

Kediri Raya Terbaru