• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Kediri Raya

Tingkatkan Kompetensi, Pergunu Kediri Gelar Diklat Penyusunan Buku Ajar

Tingkatkan Kompetensi, Pergunu Kediri Gelar Diklat Penyusunan Buku Ajar
Diklat Penyusunan Buku Ajar dan LKPD oleh PC Pergunu Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)
Diklat Penyusunan Buku Ajar dan LKPD oleh PC Pergunu Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kediri menggelar diklat Penyusunan Buku Ajar Madrasah (PBAM) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kegiatan ini terpusat di Aula MA Al Fatah, Jalan Kunjang Nomor 10 Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, Rabu (23/02/2022).


Kegiatan ini merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara PC Pergunu Kediri dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi guru-guru NU.


Ketua PC Pergunu Kabupaten Kediri, Syamsul Ma’arif mengatakan, tujuan adanya MoU ini untuk menambah kompetensi guru NU dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sumber daya manusia, terutama dalam hal Penyusunan Buku Ajar Madrasah dan LKPD.


"Tentu dengan adanya kegiatan pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi semua guru, terutama para guru NU yang mengajar di tiap jenjang madrasah," ujar Samsul.


Ia menambahkan, pihaknya akan senantiasa mengawal pelatihan buku ajar ini hingga akhir. Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya dicukupkan pada diklat atau pelatihan saja, namun nantinya dapat dilanjutkan dengan penyusunan buku ajar yang bermanfaat untuk anak didik.


"Mari, kita kawal sampai menjadi buku ajar yang dapat menjadi pedoman bagi guru-guru madarasah," ajaknya.


Senada dengan itu, Sekretaris PC Pergunu Kabupaten Kediri, Fajar Arifin menegaskan, bahwa dalam pelatihan penyusunan buku ajar madrasah dan LKPD ini target yang ingin dicapai adalah terbitnya sebuah produk buku ajar dan LKPD Ahlussunnah wal Jamaah mulai dari jenjang MI hingga MA.


"Hal ini sangat penting karena, Aswaja merupakan mata pelajaran yang mengajarkan dan mengenalkan organisasi NU secara menyeluruh, mulai dari tokoh-tokoh NU maupun struktur organisasi mulai tingkat bawah hingga kepengurusan di tingkat pusat," katanya.


Kediri Raya Terbaru