• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Keislaman

Doa Tolak Santet untuk Semua Kalangan

Doa Tolak Santet untuk Semua Kalangan
sihir itu termasuk sesuatu yang gaib, halus dan nyata. Peristiwa sihir yang dialami oleh para ulama, bahkan para Nabi seperti Nabi Muhammad pun mengantisipasinya menggunakan dzikir, mendekatkan diri kepada Allah. (Foto: NOJ/ kibrisdpr.org)
sihir itu termasuk sesuatu yang gaib, halus dan nyata. Peristiwa sihir yang dialami oleh para ulama, bahkan para Nabi seperti Nabi Muhammad pun mengantisipasinya menggunakan dzikir, mendekatkan diri kepada Allah. (Foto: NOJ/ kibrisdpr.org)

Santet atau sihir yang digunakan untuk mencelakai orang lain kadang terjadi tatkala hasud, iri dengki menguasai hati. Biasanya ketidaksenangan atas keberhasilan, kesuksesan orang lain memicu perbuatan terkutuk ini. Ancaman santet baru-baru ini dialami oleh Sadio Mane jelang pentas Piala Afrika 2021. Namun pemain klub Liverpool beragama Islam itu tetap santai karena percaya kematian hanya di tangan Allah SWT.


Sebagai publik figur, keyakinan Sadio ini patut diacungi jempol, karena dia telah menunjukkan kualitas imannya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika dia tetap berikhtiar membentengi diri dengan memperbanyak ibadah, dzikir, dan menjauhi perkara yang dilarang oleh Allah.
 

Sebab sihir itu termasuk sesuatu yang gaib, halus dan nyata. Peristiwa sihir yang dialami oleh para ulama, bahkan para Nabi seperti Nabi Muhammad pun mengantisipasinya menggunakan dzikir, mendekatkan diri kepada Allah.
 

Sihir dalam kamus Lisanul Mizan tersusun dari huruf ر, ح, س  (sin, kha, dan ra), bermakna segala sesuatu yang samar penyebabnya. Sedangkan secara terminologi oleh Al-Azhari diartikan sebagai perbuatan mendekatkan diri kepada setan dan meminta bantuannya. Al-Baidawi mendefinisikan sihir sebagai upaya untuk mendapatkan sesuatu dengan menyembah setan agar segera dikabulkan.
 

Para ulama mengatakan bahwa sihir benar-benar nyata terjadi. Artinya, sihir memiliki pengaruh yang benar-benar dirasakan oleh orang yang terkena sihir. Ibnul Qudamah menuturkan, “Sihir adalah mantra yang memberikan pengaruh secara dzahir batin, seperti membuat orang lain menjadi sakit, atau bahkan membunuh, memisahkan pasangan suami istri, atau membuat istri orang lain mencintai dirinya”.


Oleh karena itu para ulama menganjurkan  memperbanyak membaca ayat kursi, surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, Al-Nas setelah shalat wajib dan membaca doa keselamatan yang dikutip dari hadis Nabi agar terhindar marabahaya, termasuk dari sihir:
 

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


Artinya: Dengan lantaran menyebut Nama Allah tidak akan ada sesuatu di bumi dan di langit yang bisa membahayakan. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (HR Abu Dawud dan Al-Tirmidzi).


Dzikir lain yang dibaca setiap selesai shalat wajib berasal dari surat Yunus ayat 81, yakni:


فَلَمَّا أَلْقَوْا قَالَ مُوسَىٰ مَا جِئْتُم بِهِ السِّحْرُ ۖ إِنَّ اللَّهَ سَيُبْطِلُهُ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُصْلِحُ عَمَلَ الْمُفْسِدِينَ
 

Artinya: Setelah mereka melemparkan, Musa berkata, “Apa yang kamu lakukan itu, itulah sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan kepalsuan sihir itu. Sungguh, Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang yang berbuat kerusakan.
 

Dengan demikian umat Islam secara umum, dan khususnya pesohor maupun tokoh publik yang notabene beragama Islam, sebaiknya membiasakan dzikir, membaca shalawat (juga rajin berdekah) sebagai bentuk mendekatkan diri, meminta pertolongan kepada Allah agar mendapatkan keselamatan, dijauhkan dari marabahaya, serta berkah dalam kehidupannya sehari-hari.


Editor:

Keislaman Terbaru