• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Keislaman

Doa yang Dibaca Rasulullah untuk Mengalihkan Hujan

Doa yang Dibaca Rasulullah untuk Mengalihkan Hujan
Ada doa yang bisa dibaca untuk mengalihkan hujan. (Foto: NOJ/LLi)
Ada doa yang bisa dibaca untuk mengalihkan hujan. (Foto: NOJ/LLi)

Pada bulan ini, cukup banyak kaum muslimin yang sedang menjalankan hajat. Dan salah satu yang cukup mengganggu adalah turunnya hujan. Karenanya, ada doa yang bisa dibaca untuk mengalihkan hujan.

 

Dan sekadar diketahui bahwa ikhtiar untuk mengalihkan hujan dari dan ke lokasi tertentu tidak semata kemampuan pawang hujan. Bahwa karena hujan adalah ciptaan Allah, maka meminta untuk dipindahkan ke tempat lain dengan berdoa adalah dibenarkan.

 

Terkait mengalihkan hujan, pernah dilakukan Rasulullah SAW semasa hidupnya sebagaimana diterangkan dalam Sahih Bukhari yang diriwayatkan oleh Anas. Bahwa suatu ketika, Nabi pernah berdoa:


 اللهم حوالينا ولا علينا اللهم على الأكام والظراب وبطون الأودية ومنابت الشجر 

 

Allahumma hawalayna wa la ‘alayna, Allahumma alal akami wad thirobi, wa buthunil audiyyati wa manabitis syajari 

 

Artinya: Ya Allah turunkanlah hujan di sekitar kami, dan jangan turunkan kepada kami untuk merusak kami. Ya Allah turunkanlah hujan di dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. 

 

 

Doa di atas menunjukkan betapa manusia hanya bisa berdoa mengharap belas kasihan agar hujan dapat dipindahkan di lokasi yang diinginkan. Yakinlah bahwa dengan kekuatan doa, maka Allah SWT akan mengabulkan termasuk mengalihkan hujan dari kawasan ini ke lokasi berbeda. 

 


Editor:

Keislaman Terbaru