• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Keislaman

Doa yang Dibaca Rasulullah saat Turun Hujan

Doa yang Dibaca Rasulullah saat Turun Hujan
Rasulullah mengajarkan doa saat turun hujan. (Foto: NOJ/HDr)
Rasulullah mengajarkan doa saat turun hujan. (Foto: NOJ/HDr)

Rasulullah mengajarkan doa khusus ketika turun hujan. Hal tersebut mendesak untuk juga dicontoh karena kawasan di Tanah Air sudah merasakan hujan. Malah intensitasnya lumayan sering dan lebat. Bahkan di sejumlah kawasan terjadi genangan, banjir bandang dan mengakibatkan korban jiwa.  

 

Meski musim hujan dengan mudah diprediksi, namun kenyataannya beberapa daerah masih saja mengalami masalah ketika musim penghujan tiba. Hal ini menandakan bahwa manusia kurang bisa belajar dari hukum alam. Sebab andai dipelajari dengan seksama, bukan tidak mungkin aneka musibah akibat kondisi iklim tersebut dapat diantisipasi dengan baik.

 

Dulu, pernah terjadi musim kemarau di masa Rasulullah. Kebanyakan orang datang menghampiri Nabi Muhammad dan meminta agar Nabi memohon kepada Allah agar hujan diturunkan. Tak lama kemudian, hujan lebat pun turun membasahi lingkungan penduduk. Saking kencangnya, rumah-rumah penduduk banyak yang hancur, pepohonan berjatuhan, dan binatang ternak pun ikut menderita. 

 

Melihat malapetaka ini, mereka mengadu kepada Rasul agar hujan musibah itu segera dihentikan. Atas dasar permintaan ini, Nabi berdoa: Allâhumma hawâlainâ wa lâ ’alainâ (Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami). HR Bukhari. 

 

Hadis riwayat lain Al-Bukhari menyebutkan bahwa:


   إن النبي - صلى الله عليه وسلم- كان إذا رأى المطر قال اللهم صيبا نافعا 

 

Artinya: Sesungguhnya Nabi SAW ketika melihat hujan berdoa: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. 

 

 

Hadits ini menunjukkan bahwa ketika hujan turun, Nabi SAW senantiasa meminta agar hujan yang diturunkan Allah SWT menjadi hujan rahmat, hujan yang membawa berkah, bukan hujan musibah. 

 

Doa ini dibaca Nabi kisaran dua atau tiga kali berdasarkan riwayat yang disampaikan Ibnu Majah. Dan di saat musim hujan seperti sekarang ini, doa di atas penting untuk kita baca. Dengan harapan semoga musim hujan kali ini membawa kemaslahatan bagi kita bersama. 

 

Wallâhu a’lam.


Editor:

Keislaman Terbaru