• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Madura

Ansor di Pamekasan Diingatkan Penerus Perjuangan Hizbullah dan Sabilillah

Ansor di Pamekasan Diingatkan Penerus Perjuangan Hizbullah dan Sabilillah
RKH Taufik Hasyim, Ketua PCNU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)
RKH Taufik Hasyim, Ketua PCNU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim
Ansor adalah menjadi penerus perjuangan tentara Hizbullah dan Sabilillah. Sebab hingga kini Ansor konsisten membangun kebangsaan kala muda.

Pernyataan tersebut disampaikan RKH Taufik Hasyim selaku Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan pada pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Pamekasan. Pelantikan kepengurusan masa khidmat 2020 hingga 2022 tersebut berlangsung di aula kampus Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.

"Ansor itu penerus perjuangan tentara Hizbullah dan Sabilillah, mengapa? Karena hingga kini kokoh dalam memperjuangkan dan mensyiarkan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat," katanya, Ahad (21/03/2021).

Oleh sebab itu, ada hal yang melekat dari kader Ansor yakni tetap mencintai dan berada dalam satu tarikan nafas perjuangan dalam Nahdlatul Ulama.

 

"Makanya senakal-nakalnya Ansor, tetap dicintai oleh NU," kata alumni Pesantren Lirboyo Kediri tersebut disambut senyum peserta.

Selain itu, Pengasuh Pondok Pesantren Bustanul Ulum itu menambakkan, Ansor wajib mempertahankan tugas utamanya dalam meneruskan perjuangan ulama.

"Meski akulturasi budaya terus mengalami perubahan, Ansor harus tetap kokoh dalam tugas utamanya sebagai penerus perjuangan ulama," tegas Kiai Taufik.

Pada kesempatan itu, Kiai Taufik juga memberikan sejumlah pesan terkait kiprah pengurus Ansor yang baru dilantik.

"Kalau sudah menjadi pengurus, maka wajib melakukan empat gerakan,” ungkapnya.

 

Penjelasan secara rinci dari gerakan dimaksud adalah menjadikan organisasi bangkit, yang semula berjalan lambat, maka harus semakin gencar,.

Yang kedua, menjadikan organisasi nampak dalam artian tampil nyata. Ketika masyarakat butuh kontribusi Ansor, maka harus ada di depan. Dan tugas ketiga yakni menjadikan organisasi yang bermanfaat untuk umat, bukan kepentingan pribadi.

"Yang terakhir menjadikan organisasi yang berkah dunia akhirat. Sehingga ketika bisa menjalankan empat gebrakan ini, maka Ansor semakin jaya," ucapnya.

Di akhir sambutan, Kiai Taufik berharap kepengurusan yang ada bisa membawa Ansor lebih baik dan menjalankankan tugas.

“Yakni sebagai himayatud din atau menjaga agama dan himayatud daulah yakni menjaga negara," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, KH Kholiq Yadi selaku Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota pamekasan, Ali Wahdi selaku Ketua PAC Ansor Kota Pamekasan, Habib Amin Jakfar, Moh Faridi sebagai Wakil Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Pamekasan. Termasuk Lora Maltuful Anam selaku Ketua Majlis Dzikir dan Shalawat  Rijalul Ansor Pamekasan, Mailah sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Pamekasan, Forkopimka, dan undangan.

 

Editor: Syarofi


Editor:

Madura Terbaru