• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Pantura

Pantun Manuk Penyemangat Kader Ansor Balen Bojonegoro

Pantun Manuk Penyemangat Kader Ansor Balen Bojonegoro
Pelantikan dan raker PAC GP Ansor Balen, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: NOJ/Istimewa)
Pelantikan dan raker PAC GP Ansor Balen, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: NOJ/Istimewa)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Manuk gelatik cucuk e biru/Bar dilantik ojo turu. Pantun itu dilantunkan Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balen, Kabupaten Bojonegoro, Mariyadi, di hadapan peserta pelantikan dan rapat kerja Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Balen yang digelar di Aula MA Islamiyah Balen pada 07 Maret 2021 lalu.

 

Itu adalah pantun penyemangat dari NU Balen kepada kader-kader Ansor di kecamatan setempat agar tidak kendor dalam berkhidmat di organisasi kepemudaannya NU. “Tetaplah semangat dalam berkhidmat di Ansor hingga di NU nanti,” kata Mariyadi.

 

Selain dari MWCNU, hadir pula dalam kegiatan pelantikan dan raker PAC GP Ansor Balen,  semua Badan Otonom NU mulai dari Fatayat, Muslimat, IPNU-IPPNU, dan juga pengurus dari lembaga NU setempat. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Camat Balen, Nanik, dan sekretaris kecamatan.

 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian sambutan-sambutan. Saat menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars Ansor, Banser dan Yalal Wathon, seluruh peserta ikut bernyanyi sehingga suasana tampak bergemuruh dengan syair-syair lagu kebangsaan dan ke-NU-an. Suasana tampak bersemangat.

 

Ketua PAC GP Ansor Balen Irsyadul Ibad menjelaskan, ia telah melaksanakan rapat kerja dimulai pukul 09.00 WIB dengan program inti kaderisasi, disiplin ilmu, dan kemandirian di bidang ekonomi. “Tema pelantikan ialah Bagkit dan Maju Bersama,” katanya kepada NU Online Jatim, Sabtu (20/03/2021).

 

Camat Balen Nanik berharap, Ansor selalu bersinergi dengan pemerintah. Menurutnya, NU dan santri kini banyak memberikan kontribusi positif pada program-program yang dijalankan pemerintah.

 

“Tidak sedikit jajaran pemerintah saat ini dari kalangan santri,” kata Nanik.

 

Sementara itu, Mustakim yang mewakili PW GP Ansor Jawa Timur berpesan, sebagai kader Ansor harus ikut berperan aktif melestarikan amaliyah Aswaja An nahdliyah di desa sampai lingkungan sekitar.

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru