• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Matraman

Ansor Peduli di Trenggalek Salurkan Bantuan Dua Pekan Sekali

Ansor Peduli di Trenggalek Salurkan Bantuan Dua Pekan Sekali
Ansor Peduli, bakti sosial dua pekan sekali, Jumat (19/03/2021) (Foto: NOJ/MJ).
Ansor Peduli, bakti sosial dua pekan sekali, Jumat (19/03/2021) (Foto: NOJ/MJ).

Trenggalek, NU Online Jatim

Berangkat dari rasa kepedulian yang tinggi Pimpinan Ranting(PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gador, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek rutin melakukan bakti sosial. Kegiatan yang bernama 'Ansor Peduli' ini dilakukan tiap dua pekan sekali.

 

Ketua PR GP Ansor Gador, Eko Prastyo menuturkan, selain rutin selapan sepisan (hitungan jawa:red) rantingnya juga mengadakan bakti sosial. Ansor Peduli adalah sebuah program atau gerakan yang di bentuk oleh GP Ansor Ranting Gador sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang tidak mampu. 

 

"Kami memberikan santunan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan uluran tangan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua pekan sekali, tepat di hari Jumat dengan tageline #Jum'atberkahansorpeduli," kata Eko Prastyo kepada NU Online Jatim, Jum'at (19/03/2021).

 

Sembako adalah pilihan untuk disalurkan, karena kebutuhan sehari-hari sangat diperlukan. Terkait sasaran penerima, pihaknya mengatakan telah menentukan kriterianya sendiri.

 

"Penyaluran sembako ini kepada orang-orang yang membutuhkan seperti orang miskin, janda dan anak yatim yang berada di Desa Gador," ungkapnya.

 

Sementara, dana bakti sosial sendiri berasal dari swadaya anggota. Dirinya mengungkapkan, bahwa Ansor Gador bersinergi dengan NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat. 

 

"Untuk dana LAZISNU digunakan santunan kematian, sedangkan untuk kegiatan ke -NU-an, fakir, dan miskin dari GP Ansor Gador sendiri," terangnya.

 

Jumlah anggota dan kesolidan anggota Banser dan Ansor menurut Kang Eko sapaan akrabnya menjadi modal kekuatan untuk melangkah bersama. Hingga para donatur yang ingin menyisihkan rezekinya.

 

"Kegiatan baksos Ansor peduli membuat terobosan mengetuk hati sahabat Ansor sendiri ataupun donatur untuk ikut memberikan uluran tangan pada mereka yang sangat membutuhkan," ujarnya.

 

Ketua PR GP Ansor periode 2021-2023 ini mengungkapkan, sejauh ini kegiatan tersebut berjalan lancar. Dan di bulan Ramadlan yang akan datang, kegiatan Ansor Peduli tidak hanya dua pekan sekali, namun setiap Jum'at, seminggu sekali.

 

"Semoga segenap kaum nahdliyin Desa Gador khususnya semakin tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru