• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Ratusan Kader NU di Probolinggo Bantu Warga Terdampak Banjir

Ratusan Kader NU di Probolinggo Bantu Warga Terdampak Banjir
Ratusan relawan dari unsur MWCNU Krejengan, Probolinggo membersihkan lokasi banjir. (Foto: NOJ/K Umam)
Ratusan relawan dari unsur MWCNU Krejengan, Probolinggo membersihkan lokasi banjir. (Foto: NOJ/K Umam)

Probolinggo, NU Online Jatim
Sejumlah kader penggerak di lingkungan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Krejengan, Probolinggo kembali terjun gelanggang. Yang dilakukan mendatangi lokasi terdampak banjir di Kecamatan Dringu, Sabtu (20/03/2021).

Kurang lebih 180 kader dan simpatisan berangkat dari Pondok Pesantren Subulul Ma’arif, Desa Kamalkuning, Kecamatan Krejengan. Mereka mengendarai puluhan mobil terbuka dengan diiringi mobil patroli dari kepolisian setempat.

Setibanya di posko banjir, tepatnya di Kantor Desa Dringu, rombongan disambut Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD dan relawan. Rombongan kemudian dipisah menjadi dua kelompok, ada yang fokus membersihkan sisa-sisa lumpur di selokan depan kantor desa dan sekitarnya. Sedangkan kelompok lain diarahkan menuju Desa Karangpao untuk membantu warga membuat tanggul di sakitar sungai.

KH Basith Badzali menjelaskan bahwa ratusan relawan tersebut terdiri dari kader penggerak NU, Muslimat NU, Fatayat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta relawan lain.

“Alhamdulillah kegiatan ini sudah merupakan kedua kalinya setelah seminggu lalu kami juga membantu warga membersihkan daerah atau lokasi yang parah akibat banjir di Dringu ini,” kata Ketua MWCNU Kecamatan Krejengan tersebut.

Witono selaku wakil RT setempat mengungkapkan rasa terima kasih kepada rombongan MWCNU Kecamatan Krejengan. Hal tersebut lantaran berkenan mambantu warga yang mengalami musibah banjir.

“Kami merasa sangat terbantu sekali dengan kedatangan MWCNU Krejengan untuk yang kedua kalinya ini. Semangat untuk NU dan bravo untuk NU Krejengan,” katanya.

Sementara itu, seluruh Badan Otonom (Banom) NU di lingkungan MWCNU Kecamatan Krejengan merasa sangat bersyukur dan bangga dapat membantu warga terdampak banjir.

“Saya bersyukur sekali teman-teman di MWCNU Krejengan bisa bersama dan kerja sama seperti ini,” ungkap Hj Shiddiqoh, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Krejengan.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua PAC GP Ansor, Bashori. Ia juga merasa bangga bisa membantu meringankan beban warga.

“Semoga musibah cepat selesai agar lingkungan di Dringu ini segera terkendali seperti semula,” tuturnya.

Di tempat berbeda, Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Krejengan, Hj Jamilah merasa bangga dengan keterlibatan kaum perempuan dalam bakti sosial.

“Ini sebagai bukti bahwa kaum perempuan bukan hanya bisa mengaji saja, tetapi mereka juga bisa turut serta dalam giat sosial seperti yang dilakukan hari ini,” tandasnya.
 

Penulis: Khairul Umam

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru