• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Madura

Ansor Pamekasan Optimis Cetak Kader Unggul dan Patriotik

Ansor Pamekasan Optimis Cetak Kader Unggul dan Patriotik
Moh Faridi saat menjadi pemateri. (Foto: NOJ/Syarofi)
Moh Faridi saat menjadi pemateri. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Di usianya yang ke-87, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan semakin optimis bisa mencetak kader yang unggul dan patriotik layaknya pola gerakan yang dilakukan oleh leluhur pendiri Ansor saat itu.
 

Sikap optimis itu, disampaikan langsung oleh Moh Faridi, Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pamekasan saat menjadi pemateri pada kajian keansoran yang diselenggerakan oleh Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Potoan Laok, Palengaan, Pamekasan.



"Kita optimis Ansor Pamekasan ke depan bisa mencetak kader unggul dan memiliki jiwa patriotik layaknya para kiai kita saat mendirikan Ansor pertama kali itu," kata Faridi, Senin (26/04/2021).



Faridi mengajak seluruh kader yang hadir pada kegiatan itu untuk lebih ikut aktif secara serius dalam membesarkan Ansor ke depan.



"Ansor itu organisasi titipan dari para wali Allah untuk kawula muda NU. Maka sudah saatnya kita memberikan pengorbanan dan pengabdian kita seutuhnya untuk kemajuan Ansor," imbuhnya.



Lebih dari itu, Faridi juga mengajak kader Ansor untuk bersyukur karena telah mejadi bagian dari Ansor.



"Lebih-lebih kita harus bersyukur karena para wali Allah telah menempatkan pemuda NU sebagai penolong agama," paparnya.



Dalam kesempatan itu, Dosen IAIN Madura tersebut juga mengajak kepada seluruh kader turut andil membentuk kader mandiri.

"Boleh target Ansor Pamekasan hari ini menopang kemandirian organisasi, tetapi mandiri dari pola pikir juga penting kita tingkatkan. Sebab jika pola pikir kader tercipta dengan baik, maka tidak ada lagi kader-kader yang minder," terangnya.

Ketua Pendamping Desa Kabupaten Pamekasan itu juga menyeru kepada kader agar bergerak cepat dalam menggerakkan organisasi.



"Terobosan-terobosan yang dilakukan PC GP Ansor hari ini di bidang kemandirian organisasi juga telah dipersiapkan kepada kader baik dengan beberapa instansi pemerintah naupun di luar pemerintah. Tinggal kader siap bergerak atau hanya diam," paparnya.

Ia berharap, semua kader di Pamekasan bisa mengais berkah para wali Allah melalui berjuang di Ansor.

"Semoga kita bisa meraih berkah para kiai melalui berjuang di Ansor, saya yakin jika kita tetap berkomitmen kepada tugas kita sebagai tangan kanan para kiai, maka menjadi generasi unggul dan patriotik insyaallah mudah," harap Faridi.

Usai melakukan kajian, kegiatan ini langsung diisi dengan buka bersama. Hadir dalam kegiatan ini, KH Muchlis Matsir Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Palengaan, Maltuful Anam Ketua MDS Rijalul Ansor Pamekasan, Ahnu Idris ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Palengaan, dan para pengurus PR GP Ansor potoan Laok.

 

Editor: Risma Savhira


Madura Terbaru