• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Madura

Fatayat NU di Pamekasan Santuni Nenek Disabilitas

Fatayat NU di Pamekasan Santuni Nenek Disabilitas
Pengurus PAC Fatayat NU Waru Kabupaten Pamekasan saat menyerahkan santunan. (Foto: NOJ/ Ftyt/ Syarofi)
Pengurus PAC Fatayat NU Waru Kabupaten Pamekasan saat menyerahkan santunan. (Foto: NOJ/ Ftyt/ Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim
Dalam rangka menjalankan prorgam Ramadlan, pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan memberikan sembako kepada warga disabilitas. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pancelin Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan.

 

Terpantau, warga yang dikunjungi pengurus Fatayat NU Waru adalah Nyi Pari dan Pok Misri'a. Dua perempuan bersaudara ini sama-sama mengalami gangguan penglihatan atau tunanetra. Kini keduanya sedang dirawat anaknya yang ternyata mengidap kencing manis.

 

Dalam aksi kemanusiaan ini, PAC Fatayat Waru menyalurkan air mineral, minyak, beras, gula, mie kecap, roti, susu, sirup untuk kebutuhan Nyi Pari sekeluarga selama bulan Ramadlan.

 

Halimatus Sakdiyah, Ketua Fatayat NU Waru mengatakan, aksi itu sebagai bentuk keprihatinan pihaknya kepada dua ibu tersebut.

 

"Awalnya kami mau bagi-bagi takjil, tapi sesuai riset di lapangan banyak ibu-ibu hidup sebatang kara dan memiliki keterbatasan. Kita tekadkan untuk melakukan santunan saja karena ada yang lebih membutuhkan," tegas Matus, sapaannya.

 

Pengurus Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (Kopri) Pamekasan ini semakin prihatinan lantaran kondisi tubuh dua perempuan itu yang mengalami gangguan penglihatan.

 

"Kami usahakan kedepan kedua ibu ini mendapat operasi mata sehingga mereka bisa melihat lagi seperti sedia kala," tuturnya.

 

"Di tambah lagi yang merawat dari dua perempuan ini adalah anaknya yang juga memiliki penyakit kencing manis. Kami akan upayakan mereka mendapat pelayan terbaik agar hidup nyaman seperti manusia umumnya," imbuhnya.

 

Matus berharap, melalui aksi kemanusiaan itu Fatayat NU Waru semakin besar dan memberi manfaat kepada warga sekitar.

 

"Harapan kedepan PAC Fatayat Waru lebih peka kepada sekitar, nalar kritisnya dapat di transformasikan dalam gerakan nyata sesuai visi organisasi Fatayat utamanya dalam pelayanan kesehatan," harapnya. 

 

Ia juga bertekad, kegiatan santunan itu akan dilanjutkan ke beberapa daerah yang ada di Kecamatan Waru. 

 



Turut hadir dalam aksi kemanusiaan ini, Sekretaris PAC Fatayat Waru Ellin Trisnawati dan Imroatul Hasanah Bendahara Umum.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru