• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

Haul Pendiri Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep Hadirkan Buya Arrazy

Haul Pendiri Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep Hadirkan Buya Arrazy
Pengasuh Pesantren Al-Karimiyyah, KH A Busyro Karim. (Foto: Tangkap layar)
Pengasuh Pesantren Al-Karimiyyah, KH A Busyro Karim. (Foto: Tangkap layar)

Sumenep, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep menggelar peringatian Haul Pendiri Pesantren Al-Karimiyyah, KH Kariman Wirayudha yang diisi dengan pengajian umum oleh Abuya Arrazy Hasyim. Acara itu dipusatkan di halaman Pesantren Al-Karimiyyah, Desa Beraji, Gapura, Sumenep, Rabu (14/09/2022) malam.


Pengasuh Pesantren Al-Karimiyyah, KH A Busyro Karim menyebutkan, haul tersebut baru pertama kali dilaksanakan karena tanggal meninggal KH Kariman Wirayudha baru diketahui enam bulan yang lalu. Kiai Busyro mengatakan, tanggal wafatnya Kiai Kariman diperoleh dari tulisan kitab kakeknya di Kecamatan Bluto.


"Kami baru mengatahui secara jelas kalau Kiai Kariman meninggal pada Tanggal 17 Safar, tetapi tahunnya belum diketahui. Setelah diketahui tanggalnya, saya mengatakan bahwa tahun ini akan di gelar Haul Kiai Kariman Wirayudha karena pondoknya di sini bernama Al-Karimiyyah," katanya.


Mantan Bupati Sumenep itu mengatakan, rangkaian acara sudah dimulai sejak kemarin. Bahkan, sejak tadi malam para santri telah menghatamkan Al-Qur'an di maqbarah secara bergantian.


Tidak hanya itu, lanjut Kiai Busyro, para santri yang hafal Al-Qur’an ikut pula memeriahkan dengan menghatamkan dan mengingat hafalannya di makbarah Kiai Kariman Wirayudha demi memperoleh keberkahan ilmu.


"Alhamdullah, baru kali ini bisa melaksanakan haul yang pas secara tanggal. Biasanya hanya diperingati tanpa menetapkan tanggalnya. Terima kasih kepada alumni yang telah menyiapkan acara ini," ujarnya.


Sementara Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dalam sambutannya mengingatkan, santri dan alumni perlu meneladani perjuangan KH Kariman Wirayudha. Selain gigih memperjuangkan dakwah agama, Kiai Kariman juga dikenal sebagai pejuang pendidikan.


"Bersyukur di malam ini kita dapat hadir di Haul KH Kariman Wirayudha. Semoga kita semua dapat meneladani kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan olehnya, serta perjuangan-perjuangannya dalam pendidikan," tegasnya.


Lebih lanjut, ia mengaku sangat senang berjumpa dengan penceramah Abuya Arrazy Hasyim. Sebab, Buya Arrazy diketahui baru pertama kali menginjakkan kaki di kabupaten yang berjuluk Kota Keris tersebut.


"Saya ucapkan selamat datang pada Abuya Arrazy Hasyim di Kabupaten Sumenep. Jika sudah sampai Sumenep berarti telah sampai pada Madura. Tetapi sampai di Madura, belum tentu sampai Sumenep karena masih banyak Kepulauan Sumenep yang harus didatangi. Nanti jika Abuya ke Sumenep lagi dan ingin ke kepulauan, saya temani," pungkasnya.


Madura Terbaru