• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Madura

LAZISNU Sumenep Bagikan Kacamata Gratis pada Nahdliyin

LAZISNU Sumenep Bagikan Kacamata Gratis pada Nahdliyin
Ketua PCNU SUmenep KH A Pandji Taufiq diperiksa oleh tim Iropin. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Ketua PCNU SUmenep KH A Pandji Taufiq diperiksa oleh tim Iropin. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep melaksanakan pembagian kacamata plus minus gratis pada guru ngaji, santri dan dhuafa, Sabtu (10/09/2022). Kegiatan ini dipusatkan di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat.


Kiai A Quraisy Ketua NU Care-Lazisnu Sumenep menjelaskan, pendataan peserta berbasis Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), lembaga, badam otonom, pesantren dan madrasah dengan kriteria guru ngaji, santri dan dhuafa.


Disebutkan, ada 20 MWCNU daratan yang terlibat dalam kegiatan ini, karena untuk kepulauan jarak tempuhnya terlalu jauh dan kouta terbatas.


"Total kepesertaan berjumlah 330 orang yang akan dianamnesis oleh pihak Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin). Dengan mempertimbangkan antusiasme dan membludaknya peserta, akhirnya ditambah 30 JD. Jadi total keseluruhan 360 peserta," ungkapnya.


Tak hanya itu, berhubung pihak Iropin tidak asal membuat kacamata dan benar-benar berdasarkan pengetahuan serta kehati-hatian, paling cepat akan diterima oleh pengurus Lazisnu dalam kurun waktu satu bulan yang terhitung dari pelaksanaan hari ini.


"Seluruh peserta yang terdata wajib mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Bermula dari proses registrasi ulang, pemeriksaan, pemilihan frame yang sesuai dengan selera pengguna dan gangguan penglihatan peserta," terangnya.


Dirinya mengucapkan terima kasih kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur dan Iropin yang telah hadir guna merealisasikan program Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) yang dihelat di Kota Keris ini.


"Atas nama pengurus, kami tidak bisa memastikan kegiatan ini berjalan setiap tahun. Saat ini kami lebih mempertimbangkan suara warga yang mengalami gangguan penglihatan yang tak tercover pada kegiatan ini, seperti katarak dan lainnya. Insyaallah kami terus bersinergi dengan para pihak yang sevisi dengan kita," pungkasnya.


Diketahui, kegiatan ini bersinergi dengan Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) dan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep serta mitra LAZISNU, yakni Baitul Maal wa Tamwil Nuansa Umat (BMTNU) Jawa Timur.


Editor:

Madura Terbaru