• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Matraman

LAZISNU dan Iropin Salurkan Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji di Nganjuk

LAZISNU dan Iropin Salurkan Kacamata Gratis untuk Guru Ngaji di Nganjuk
Kegiatan berbagi kacamata gratis dari LAZISNU Jatim dan Iropin. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)
Kegiatan berbagi kacamata gratis dari LAZISNU Jatim dan Iropin. (Foto: NOJ/ Haafidh NS Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim
Ratusan guru ngaji, aktivis pendidikan dan santri di Kabupaten Nganjuk yang memiliki masalah kesehatan mata mendapat bantuan kacamata gratis. Program tersebut digagas oleh NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur bekerja sama dengan Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) dan NU Care-LAZISNU Nganjuk.


"Selain pembagian kacamata, kami juga menggelar pemeriksaan mata secara gratis," ungkap Ketua LAZISNU Jatim, M Afif Amrullah kepada NU Online Jatim, Sabtu (02/07/2022).


Afif menjelaskan, rangkaian berbagi 10.000 kacamata gratis itu diselenggarakan dalam momentum Hari Lahir (Harlah) NU yang ke-99 dan Harlah Iropin yang ke-50. Target pelaksanan program berakhir pada bulan Oktober 2022, dan terhitung sudah 10 kota/kabupaten yang menyelenggarakan program ini.


“Ini adalah wujud dukungan dari para donatur, dari Jatim maupun Nganjuk. Semoga diberikan kelancaran,” kata pria yang juga Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim ini.


Menurutnya, guru ngaji yang mengalami gangguan penglihatan ini harus dibantu. Sebab, kalau penglihatannya tidak jelas, akan berpengaruh pada aktivitas dalam mendidik generasi bangsa.


“Kalau mengalami gangguan mata, tentu akan mengganggu proses pendidikan,” jelasnya.


Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Nganjuk, Moch Masyhuri meuturkan, pembagian kacamatan kepada 560 guru ngaji ini berjalan lancar. Sejak kedatangan, mereka langsung mengantri untuk mengambil formulir dilanjutkan pemeriksaan sesuai keluhan masing-masing.


Kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan keistiqamahan para aktivis pendidikan dan dakwah. Mengingat, di era modern ini eksistensi para pendakwah atau guru ngaji menjadi bagian penting dalam menjaga ideologi.


"Ini bagian dari NU berusaha selalu hadir dalam problem kemasyarakatan dan keumatan," sambungnya.


Dijelaskan, bahwa pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis ini sangat membantu bagi guru ngaji yang mayoritas dari kalangan menengah ke bawah. Menurutnya, tidak semua guru ngaji mampu dan punya finansial yang cukup untuk membeli kacamata yang standart.


​​​​​​​“Kami berharap kerja sama ini bisa berlangsung secara kontinyu setiap tahun,” pungkasnya.


Matraman Terbaru