• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Madura

Kiai Ramdhan Siradj Paparkan Manfaat Silaturrahim Antarkeluarga

Kiai Ramdhan Siradj Paparkan Manfaat Silaturrahim Antarkeluarga
Mustasyar PCNU Sumenep KH Ramdhan Siradj. (Foto: NOJ/S)
Mustasyar PCNU Sumenep KH Ramdhan Siradj. (Foto: NOJ/S)

Pamekasan, NU Online Jatim

Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Sumenep KH Ramdhan Siradj mengungkapkan bahwa banyak manfaat bisa dipetik dari silaturrahim antarkeluarga. Di antaranya bisa meneladani perjuangan para leluhur. Itu sebabnya ia mengingatkan agar masyarakat tak memutus jalinan silaturrahim.

 

"Penting sekali bagi kita semua untuk selalu menjaga ajang silaturrahim antar keluarga. Selain saling mengenal satu sama lain, kita bisa membaca perjuangan para leluhur yang telah gugur mendahului kita," kata Kiai Ramdhan saat berceramah di acara haul akbar dan silaturrahim Bani Zainuddin Ruham di Pondok Pesantren Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (17/06/2021).

 

Ia mengungkapkan langkah dan perjuangan Kiai Zainuddin Ruham semasa hidupnya dalam menjadi tokoh pelayan ummat. Ia berharap kegiatan haul dan silaturahim Bani Zainuddin Ruham semakin digalakkan setiap tahunnya.

 

Menurut Ketua Tanfidziyah NU Sumenep periode 1991-1995 itu, refleksi perjuangan para leluhur bukan sebagi ajang kebanggan diri. Melainkan ajang untuk menambah spirit perjuangan para leluhur agar bisa dilanjutkan.

 

"Kita silaturrahim seperti ini tentu dalam rangka mengikuti jejak para leluhur kita. Mengikuti jejaknya, maka wajib mengikuti semuanya baik perihal aqidah maupun syariatnya," tandas mantan Bupati Sumenep dua periode itu.

 

Selain itu, Kiai Ramdhan, adanya forum silaturrahim antar keluarga itu juga memberi edukasi kepada generasi selanjutnya agar kokoh dalam mengikuti jejak para leluhurnya.

 

"Jangan sampai keluar dari jejak para leluhur kita, aqidah dan syariatnya beliau sudah jelas. Maka kita harus selalu bersyukur telah lahir dari orang-orang shalih dan shalihah," ucap Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam Sumenep itu.

 

manfaat lain dari silaturrahim ialah menambah keberkahan umur dan rezeki seseorang.

 

"Jika seseorang giat melakukan silaturrahim seperti ini, maka Allah akan menambah keberkahan, kelancaran rizki dan umur yang panjang oleh Allah SWT," ujar Kiai Ramdhan.

 

Editor: Nur Faishal


Madura Terbaru