• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Madura

Safari Kaderisasi Ansor Sumenep, Satu Persatu Pulau Disambangi

Safari Kaderisasi Ansor Sumenep, Satu Persatu Pulau Disambangi
Kiai Qumri Rahman, Ketua PC GP Ansor Sumenep, saat membuka PKD di Kecamatan Sapeken. (Foto: NOJ/AH).
Kiai Qumri Rahman, Ketua PC GP Ansor Sumenep, saat membuka PKD di Kecamatan Sapeken. (Foto: NOJ/AH).

Sumenep, NU Online Sumenep

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep mengadakan Safari Kaderisasi Kepulauan. Setelah dilakukan di Kepulauan Masalembu, kali ini menyasar Kecamatan Sapeken yang termasuk wilayah Kepulauan Kangean dengan menghelat Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).

 

Kaderisasi ini pertama kali digelar di daerah kepulauan yang berjarak sekira enam jam perjalanan laut ke Pulau Bali. Kegiatan ini dipusatkan di Madrasah Nur Hasanah, Desa Sapaken, Kecamatan  Sapeken, Kabupaten Sumenep, Senin-Selasa (14-15/06/2021).

 

Ketua PC GP Ansor Sumenep, Kiai Qumri Rahman mengatakan, setelah cukup lama vakum, geliat ber-Ansor dan ber-NU di Kecamatan Sapeken kini mulai semarak.

 

“Dan PKD ini menjadi salah satu bukti bahwa pemuda Sapeken punya niat kuat untuk mengabdi di Ansor dan NU,” ujar alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asembagus Situbondo ini.

 

Pihaknya pun menyambut gembira atas semangat yang ditunjukkan oleh para pemuda di kecamatan setempat. Sebab, hal ini menjadi angin segar bagi Ansor Sumenep di masa kepemimpinannya.  

 

"Kami menyambut gembira geliat yang ditampakkan para pemuda di Sapaken. Kebetulan Kecamatan Sapeken dan Kangean saat ini masih berada di wilayah kerja PC GP Ansor Sumenep, walaupun secara struktur kelembagaan MWCNU Sapeken menginduk pada PCNU Kangean,” jelasnya.

 

Dirinya pun mendorong agar pemuda Sapeken dapat istiqomah berjuang dan berkhidmah mensyiarkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.

 

“Jangan pernah putus asa dan pantang menyerah, karena barokah muassis menanti kalian semua,” tandas Kiai Qumri, sapaan akrabnya.

 

Pelaksanaan PKD di Kecamatan Sapeken ini merupakan yang pertama kali. Kendati demikian, puluhan peserta perwakilan dari sembilan desa Kecamatan Sapeken dan tiga desa di Kepulauan Kangean mengikuti kegiatan ini dengan khidmat.

 

Pasca PKD digelar, PC GP Ansor Sumenep memimpin pembentukan tim formatur Pimpinan Anak Cabang (PAC) Sapeken dan Pimpinan Ranting (PR) di tingkat desa.

 

 

Dalam kesempatan ini, Masri diamanahi memimpin Ansor Sapeken selama satu tahun untuk melengkapi strukur kepengurusan, kemudian akan dilakukan konferensi di tahun mendatang.


Madura Terbaru