• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Madura

Kongres XVI Digelar, Ini Harapan Fatayat NU Sumenep

Kongres XVI Digelar, Ini Harapan Fatayat NU Sumenep
Pembukaan Kongres ke-16 Fatayat NU di Palembang. Foto: Istimewa
Pembukaan Kongres ke-16 Fatayat NU di Palembang. Foto: Istimewa

Sumenep, NU Online Jatim 

Nyai Hj Dina Kamilia Muafi, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sumenep menyampaikan harapannya agar Kongres ke-16 organisasi pemudi NU sebagai permusyawaratan tertinggi dapat menghasilkan putusan yang bermanfaat bagi umat. Serta terpilihnya pimpinan yang bisa menguatkan jamiyah dan memberdayakan jamaah. 


"Perempuan memiliki peran mendasar sekaligus sentral dalam mengurus keluarga," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muqri Karang Kapoh Putri Prenduan itu kepada NU Online Jatim, Jumat (15/07/2022). 


Adapun Kongres Fatayat NU dilaksanakan dari tanggal 14-17 Juli 2022 di Palembang, tepatnya di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan ini dihadiri pengurus Fatayat NU se-Indonesia. 


Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU, Anggina Erma Rini, Kongres ini sempat tertunda selama dua tahun karena adanya Covid-19.


"Kongres akan berlangsung hingga 17 Juli 2022 nanti yang diikuti oleh 34 Pimpinan Wilayah (PW), 420 Pimpinan Cabang (PC) dan 2 Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) Fatayat NU dari luar negeri," ujarnya. 


Diketahui, organisasi pemudi NU ini memiliki sekitar 10 juta anggota yang tersebar di 34 PW, 480 PC dan ribuan Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta Pimpinan Ranting (PR) hingga Pimpinan Anak Ranting (PAR).


Acara Kongres dihadiri oleh pejabat negara, di antaranya Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan sejumlah pejabat daerah. Juga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Selatan. 


Kongres diawali dengan pengajian dan istighotsah yang dihadiri oleh Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum PP Fatayat NU. Acara diparipurnai doa yang dipimpin oleh Rais PWNU Sumatera Selatan, KH Afandi BA. 


Penulis: Joe Mawar


Editor:

Madura Terbaru