• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Madura

Hadirkan Host TV9, Fatayat NU Sampang Gelar Pelatihan MC

Hadirkan Host TV9, Fatayat NU Sampang Gelar Pelatihan MC
Antusias, puluhan kader Fatayat NU di Sampang saat mengikuti pelatihan MC. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin).
Antusias, puluhan kader Fatayat NU di Sampang saat mengikuti pelatihan MC. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin).

Sampang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sampang menggelar Pelatihan Master of Ceremony (MC), Selasa (13/7/2022). Pelatihan tersebut diikuti oleh puluhan kader Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se- Kabupaten Sampang.

 

Kegiatan ini bertempat di kediaman Bendahara PC Fatayat NU Sampang, Nyai Lutfiyah, di Jalan Diponegoro, Sampang. Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Sampang, Yuliastutik Ersyad dihadirkan sebagai narasumber.

 

Perempuan yang biasa disapa Yulia Kamila itu diharapkan mampu membagikan pengalamannya selama menjadi host TV9 dengan memberikan teori teknik dan praktek untuk menjadi pembawa acara yang baik atau profesional.

 

Ketua PC Fatayat NU Sampang Nyai Haniatus Syofiyah mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas kader Fatayat NU, khususnya yang bertugas sebagai MC dalam suatu acara baik di acara keorganisasian atau di acara lain.

 

"Pelatihan ini diikuti oleh 48 peserta dari PAC se- Sampang dan delapan peserta umum," tutur Nyai Haniatus Syofiyah yang akrab disapa Nyai Hanik kepada NU Online Jatim, Rabu (13/07/2022) siang.

 

Nyai Hanik menilai, kemampuan sebagai penata acara bagi kader Fatayat NU Sampang sangatlah penting.

 

"Karena Fatayat NU saat ini sedang berproses untuk berkembang dalam segala hal, salah satunya adalah pengembangan sumber daya manusia kader," terangnya.

 

Menurutnya, menjadi MC tidak bisa dipandang sebelah mata, karena keberadaannya merupakan kunci kesuksesan suatu acara. Menjadi MC tidak bisa hanya sekedar berbekal rasa percaya diri dan hanya berbekal kemampuan untuk performa di depan umum saja.

 

Akan tetapi, lanjut Nyai Hanik, menjadi pembawa acara juga membutuhkan skil dalam berkomunikasi dan ada aturan-aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang harus dipatuhi dan dikuasai dalam membawakan suatu acara.

 

"Harapan saya dengan adanya pelatihan ini akan memunculkan MC profesional di kabupaten Sampang yang kemampuannya benar benar terasah, utamanya bagi kaum perempuan-perempuan muda khususnya kader-kader Fatayat NU," harapnya.

 

Pelatihan ini juga sebagai persiapan kegiatan Fatayat NU selanjutnya. Yaitu di bulan Muharam rencananya Fatayat akan mengadakan beberapa acara yang dikemas dengan kegiatan Pekan Muharam, di mana salah satunya adalah lomba MC. 

 

"Selain itu, kami juga akan mengadakan lomba mars dan hymne Fatayat, cerdas Cermat Ke-NUan dan acara puncak adalah santunan anak yatim memanfaatkan momen bulan Muharam di setiap tahunnya," pungkasnya.


Madura Terbaru