• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Madura

Siapkan Kader Masa Depan, PMII di Sumenep Gelar Sekolah Organisasi

Siapkan Kader Masa Depan, PMII di Sumenep Gelar Sekolah Organisasi
Sekolah Organisasi yang diadakan PK PMII Guluk-guluk Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdaus).
Sekolah Organisasi yang diadakan PK PMII Guluk-guluk Sumenep. (Foto: NOJ/ Firdaus).

Sumenep, NU Online Jatim
Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep melaksanakan ‘Sekolah Organisasi’. Kegiatan yang melibatkan seluruh kader meliputi angkatan 2019-2020 dari seluruh rayon dengan jumlah peserta 40 orang itu dilaksanakan di aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat, Kamis (01/07/2021).

 

Kegiatan tahunan yang bertajuk 'Membangun Kader Militan di Era Expertise', sengaja digelar dengan maksud ingin mendidik kader memahami berbagai bidang yang ada dalam tubuh organisasi. Baik leadership, administrasi, manajemen organisasi, dan keuangan.

 

Panitia pelaksanan sengaja mendatangkan pemantik dari sebagian Masyaikh Pondok Pesantren Annuqayah, Pengurus Cabang (PC) PMII Sumenep, dan alumni.

 

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Ketua PK PMII Guluk-guluk, Ahmad Sanusi. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting bagi kader muda, karena materi yang didapatkannya akan menjadi bekal untuk melanjutkan roda organisasi di tahun mendatang.

 

"Sekolah organisasi dilaksanakan dua hari, mulai tanggal 1 sampai 2 Juli. Selama dua hari, peserta akan dilatih mengembangkan skill dan paham roda kaderisasi," tuturnya.

 

Pria yang berstatus mahasiswa aktif di Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk itu berharap seluruh peserta mampu mencerna, memahami, dan memaksimalkan tenaga berikut pikiran dalam mengikuti rentetan acara yang dipersiapkan panitia.

 

"Banyak sekali potensi-potensi yang bisa kalian gali dari terselenggaranya kegiatan ini. Sepenuhnya kami persiapkan untuk perkembangan organisasi dalam kurung waktu yang sangat panjang," ungkap Sanusi sapaannya.

 

Alumni Pondok Pesantren Nasy'atul Muta'allimin Gapura itu mewanti-wanti pada peserta agar mendalami betul tubuh organisasi, tidak hanya sekadar mengikuti kegiatan formal yang ada, seperti Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) atau pun Pelatihan Kader Dasar (PKD).

 

"Kalian harus kreatif lagi dalam mengembangkan skill melalui organisasi Pergerakan ini. Insyaallah, usai kegiatan akan ada follow up yang akan dimantapkan di masing-masing Rayon," ucapnya.

 

Di kesempatan yang sama, Mantan Ketua PK PMII Guluk-Guluk, Moh Faiq menegaskan bahwa kegiatan ini bukan sekedar kegiatan cerimonial. Tetapi program yang mampu mencetak kader yang militan dan kompeten.

 

 

"Tetap semangat, pantang menyerah. Kelak kalian akan dihadapkan dan dibenturkan dengan beragam problem yang sangat kompleks, terutama masalah kerakyatan. Semoga ilmu yang kalian dapatkan bisa bermanfaat di masyarakat," tandasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru