• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Madura

Warga Bangkalan Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Lumajang

Warga Bangkalan Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Lumajang
Bantuan dari warga Konang Bangkalan untuk warga terdampak gempa di Kaliuling, Lumajang. (Foto: NOJ/Lutfi R)
Bantuan dari warga Konang Bangkalan untuk warga terdampak gempa di Kaliuling, Lumajang. (Foto: NOJ/Lutfi R)

Bangkalan, NU Online Jatim

Dalam suasana Ramadlan, adalah waktu yang tepat untuk berderma. Apalagi yang akan dibantu adalah warga korban musibah gempa yang melanda sejumlah kawasan di Jawa Timur beberapa waktu berselang.

 

Semangat itu juga yang mengemuka dari warga Desa Sambiyan, Campor, Sen-asen, Konang, Bandung dan Pakes, Kecamatan Konang, Bangkalan. Mereka tergerak untuk meringankan beban warga terdampak gempa di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang.

 

“Warga di sini mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Masyarakat Konang Peduli Bencana Alam bergerak menggalang sumbangan sembako dan bantuan lain,” kata KH Ali Wahdin Ibrohim, Ahad (25/04/2021).

 

Dijelaskan juru bicara aliansa masyarakat tersebut bahwa bantuan yang dikirim beragam. Dari mulai selimut dan terpal guna tenda bagi warga yang rumahnya rusak. Bantuan juga mempertimbangkan kondisi daerah, serta berdasarkan informasi yang didapat dari lokasi kejadian.

 

Aliansi yang dipimpin KH Zakki Indar dan KH Ali Wahdin Ibrohim tersebut memang sengaja menghimpun aneka bantuan. Apalagi pada saat yang sama, sejumlah warga Bangkalan juga menetap dan menjadi warga di kawasan bencana.

 

“Warga Kaliuling merupakan warga Konang, sudah selayaknya kita turut membantu meringankan beban masyarakat di sana,” ungkap dia.

 

Tidak terlampau sulit melakukan koordinasi dan menghimpun dana serta sejumlah kebutuhan bagi warga terdampak gempa. Apalagi solidaritas sesama warga kepada mereka yang merantau demikian tinggi.

 

“Alhamdulillah sejumlah bantuan kami terima untuk warga korban bencana di Lumajang yang selanjutnya akan dikirim ke lokasi,” terangnya.

 

Pada saat yang sama, dirinya masih terus menghimpun sejumlah bantuan yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi warga di Lumajang. Karenanya, bagi masyarakat Bangkalan dan daerah lain diharapkan memberikan bantuan kepada keluarga dan warga di Lumajang.

 

“Semoga yang kita berikan akan meringankan beban para korban, dan musibah segera berakhir dari negeri ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Luthfi Riadi


Editor:

Madura Terbaru