• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Malang Raya

NU Peduli Semeru

Aksi Galang Dana Erupsi Semeru NU Singosari Gandeng Gambus Al Kawakib

Aksi Galang Dana Erupsi Semeru NU Singosari Gandeng Gambus Al Kawakib
Aksi galang dana MWCNU Singosari Malang bersama Gambus Al Kawakib. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Aksi galang dana MWCNU Singosari Malang bersama Gambus Al Kawakib. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Aksi kemanusiaan untuk korban Erupsi Semeru beberapa waktu lalu terus digelorakan oleh beberapa pihak. Di antaranya Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singosari yang menggelar aksi galang dana bersama Gambus Al Kawakib. Penggalangan dilakukan di Trotoar Jalan Raya Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (26/12/2021).


Koordinator Galang Dana MWCNU Singosari, M Abdul Ghofur Romli menuturkan, aksi kemanusiaan tersebut pada dasarnya telah dilakukan sejak tiga pekan lalu. Namun, pada puncak penutupan penggalangan dana dilakukan dengan cara berbeda.


“Yakni dengan melakukan live musik bersama Gambus Al Kawakib di trotoar jalan raya,” ujarnya kepada NU Online Jatim.


Ketua LAZISNU Singosari itu menambahkan, bahwa aksi kemanusiaan tersebut merupakan kolaborasi seluruh elemen NU di Kecamatan Singosari. Meliputi lembaga dan badan otonom (banom) NU di bawah naungan MWCNU setempat.


"Alhamdulillah, ini merupakan kolaborasi kemanusiaan yang luar biasa. Sejak tiga pekan lalu kami melakukan aksi galang dana yang kami tampung di posko yang sudah kami siapkan di Kantor MWCNU Singosari," katanya.


Ghofur menjelaskan, bahwa kolaborasi aksi kemanusiaan dengan Gambus Al Kawakib merupakan langkah kongkret NU Singosari dalam mensyiarkan dakwah ke-NU-an dan kebudayaan.


Menurutnya, sejatinya Gambus Al Kawakib adalah bagian dari salah satu unsur Seni Budaya atau Lesbumi NU. “InsyaAllah hasil dari Galang Dana mulai awal hingga akhir ini akan kami salurkan kepada masyarakat terdampak secara langsung di pertengahan Januari," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Gambus Al Kawakib, Saiful Arif mengatakan, bahwa sinergi kemanusiaan dengan NU seperti ini sudah diinginkannya sejak lama di awal terjadinya erupsi Gunung Semeru.


"Alhamdulillah, meskipun persiapannya terkesan mendadak aksi kemanusiaan ini berjalan dengan lancar. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat membantu masyarakat terdampak," kata Saiful Arif.


Malang Raya Terbaru