• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Malang Raya

IPNU-IPPNU di Malang Cetak Kader Militan Melalui Lakmud

IPNU-IPPNU di Malang Cetak Kader Militan Melalui Lakmud
Pembukaan Latihan Kader Muda (Lakmud) PAC IPNU IPPNU Kecamatan Blimbing (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)
Pembukaan Latihan Kader Muda (Lakmud) PAC IPNU IPPNU Kecamatan Blimbing (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Blimbing Kota Malang menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) pada tanggal 01-03 Oktober 2021. Jenjang pengkaderan tingkat PAC ini diadakan di Madin Ittihadul Mubalighin Terongdowo, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing.

 

Ketua PAC IPNU Kecamatan Blimbing, Hery Setiawan mengaku bersyukur bisa mengadakan Lakmud setelah level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun mendekati normal.

 

"Alhamdulillah kami telah melewati prosedur perizinan, apalagi PPKM Kota Malang sudah berada di level 1. Maka kami mendapat banyak support dari beberapa pihak untuk melaksanakan Lakmud," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (02/10/2021).

 

Hery menuturkan, kegiatan Lakmud ini ditujukan untuk mencetak kader muda NU yang militan. "Lakmud ini selain sebagai estafet pengkaderan ke jenjang selanjutnya juga untuk mencetak kader militan NU," katanya.

 

Sesuai dengan tema yang diusung "Sentralisasi Idealisme dengan Berpedoman pada Aswaja An-Nahdliyah" kader IPNU-IPPNU Kecamatan Blimbing juga diingatkan untuk mengesampingkan idealisme pribadi, baik dalam lingkup NU maupun masyarakat secara keseluruhan.

 

"Tema ini diusung untuk menyatukan idealisme kader kita dengan tetap pada akidah yang sudah diajarkan oleh para ulama nahdliyin agar tidak mudah tergoyahkan oleh paham-paham lain," terang Hery.

 

Lebih lanjut Hery menjelaskan, Lakmud kali ini juga dijadikan sebagai media penyambung silaturrahim dengan para alumni.

 

"Pelaksanaan Lakmud kami maksimalkan sebagai media pengenalan dengan para alumni, yakni dengan menjadikan mereka sebagai narasumber untuk menyampaikan materi yang telah disesuaikan dengan petunjuk pelaksanaan kaderisasi (PPK)," jelasnya.

 

Ia berharap kader IPNU-IPPNU Kecamatan Blimbing dapat menjadi kader militan yang memiliki rasa kepemilikan serta keterampilan dalam berorganisasi.

 

"Setelah mengikuti kegiatan ini, kami sangat berharap setiap kader terbaik ini akan menumbuhkan rasa memiliki dan keterampilan berorganisasi," harapnya.

 

 

Untuk diketahui peserta dalam kegiatan Lakmud PAC IPNU IPPNU Kecamatan Blimbing ini berjumlah 30 orang, 23 berdomisili di Blimbing dan 7 lainnya dari luar Blimbing.

 

Penulis: Zaiyana Nur Ashfiya       


Editor:

Malang Raya Terbaru