• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Malang Raya

Pemulung di Malang Terima Manfaat Bedah Rumah dari LAZISNU

Pemulung di Malang Terima Manfaat Bedah Rumah dari LAZISNU
Dasuri, kakek sepuh penerima manfaat bedah rumah disambang tim NU Care-LAZISNU Klojen, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Dasuri, kakek sepuh penerima manfaat bedah rumah disambang tim NU Care-LAZISNU Klojen, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Dasuri, kakek sepuh berusia 84 tahun sehari-hari berkativitas sebagai pemulung sampah. Sehari-hari ia menyewa becak untuk keliling mencari barang bekas yang kemudian dijual.

 

Dari itulah, Dasuri menyambung hidup. Rumah yang ditinggali pun tidak layak huni hingga memantik kepedulian NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Klojen Kota Malang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat untuk membedah rumahnya.

 

Dasuri tak henti mengucap terima kasih atas bantuan yang diberikan. Setelah selesai dipugar, ia berharap rumah yang ia tempati bersama keluarga bisa lebih nyaman dan aman dari panas dan hujan.

 

"Kami berharap nanti tempat tinggal setelah dibedah lebih layak," ujar Dasuri.

 

Diketahui, Dasuri kini tinggal di Jalan Ternate Gang Buntu No 47 RT/RW 04/ 02 Kelurahan Kasin Kecamatan Klojen, Kota Malang. Ia menempati rumah tersebut sejak 1995.

 

"Saat ini Bapak Dasuri susah berjalan dan duduk, karena mengalami pembengkakan kaki," kata Ketua NU Care-LAZISNU Klojen, M Yusri Ansori, Senin (27/09/2021).

 

Disebutkan, NU Care LAZISNU Klojen memilih empat pilar program tasyaruf atau distribusi hasil donasi, yakni sosial, ekonomi, pendidikan dan tanggap bencana. Program bedah rumah tepat untuk realisasi tasyaruf program sosial.

 

“NU Care-LAZISNU Klojen berkomitmen terus merealisasikan program-program bantuan sesuai dengan kebutuhan Nahdliyin. Terutama di wilayah Kecamatan Klojen yang terbagi dalam 11 kelurahan,” ungkapnya.

 

Dirnya menyebutkan, sebagai lembaga resmi milik NU, NU Care-LAZISNU Klojen berharap adanya sinergi yang berkelanjutan antar banom dan lembaga NU. Tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan perangkat daerah setempat maupun warga sipil.

 

"Kami juga berharap partisipasi dari warga Nahdliyin ikut menjadi donatur, baik untuk shadaqah, zakat, zakat maal dan sedekah lainnya," terangnya.

 

Oleh karenanya, bagi donatur yang ingin menyisihkan rezeki bisa melalui Call Center NU Care-LAZISNU Klojen: 082245680266. Atau bisa langsung ke Kantor MWCNU NU Klojen Jalan Cianjur No 2B Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen Kota Malang, Jawa Timur 65113.


Malang Raya Terbaru