• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Malang Raya

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Dibuka dengan Bedah Buku

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Dibuka dengan Bedah Buku
Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah oleh PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Istimewa)
Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah oleh PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Istimewa)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang resmi membuka kegiatan Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah. Kegiatan yang direncanakan digelar selama Ramadhan ini diawali dengan beda buku pada Senin (04/04/2022) yang dipusatkan di Masjid Sabilillah Kota Malang.


Kegiatan yang dilaksanakan hingga 26 April 2022 mendatang ini dimaksudkan untuk mengisi waktu sebelum berbuka atau setelah berbuka dengan kajian yang bermanfaat. Kali ini, dilakukan bedah buku berjudul KH Masjkur.


KH Kasuwi Syaiban selaku Ketua Tim Pengusulan Gelar Pahlawan bagi KH Masjkur menyampaikan, bahwa KH Masjkur merupakan sosok pejuang yang luar biasa. Menurutnya, ia adalah pahlawan dari Singasari yang kemudian dikenal sebagai tokoh negara sebagai Menteri Agama dan termasuk dari perumus TAP MPR tahun 1978.


“KH Masjkur adalah Pahlawan Nasional dari Malang yang patut menjadi teladan kita semua,” ungkapnya.


Guru Besar Universitas Merdeka, Malang itu menambahkan, bahwa KH Masjkur merupakan sosok pejuang Islam dan Indonesia. “Beliau bergerilya melawan penjajah, serta berkontribusi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.


Sementara Ketua Panitia kegiatan, Gus Mujib menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin PCNU Kota Malang yang jangkauannya lebih luas. Direncanakan, selain diskusi juga turut diadakan pasar murah, pengobatan gratis, dan buka bersama.


“Tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya diisi pengajian saja. Tahun ini juga ditambah kegiatan bermanfaat lain, seperti pasar murah, pengobatan gratis, dan terapi gratis,” ucap Gus Mujib.


Dijelaskan Gus Mujib, bahwa pasar murah dan pengobatan gratis tersebut dilakukan di lima Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Kota Malang. Menurutnya, penanggung jawab kegiatan oleh pengurus MWCNU dan dibantu lembaga dan banom NU setempat.


“Harapannya kegiatan ini bisa berkah dan bermanfaat, serta memberikan dampak positif ke masyarakat sekitar,” tutur pria yang juga Ketua MWCNU Lowokwaru ini.


Editor:

Malang Raya Terbaru