• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Malang Raya

Prof Mas’ud Said Paparkan Pentingnya Kedewasaan Berpolitik

Prof Mas’ud Said Paparkan Pentingnya Kedewasaan Berpolitik
Prof Mas'ud Said tausiyah kebangsaan bertajuk Pemilu Teduh, Kota Batu Utuh. (Foto: NOJ/timesIndonesia.co.id)
Prof Mas'ud Said tausiyah kebangsaan bertajuk Pemilu Teduh, Kota Batu Utuh. (Foto: NOJ/timesIndonesia.co.id)

Malang, NU Online Jatim

Direktur Pascasarjana Universitas Islam Malang, Prof. H. M. Mas’ud Said, M.M., Ph.D menghadiri undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batu untuk memberikan Tausiyah Kebangsaan bertajuk ‘Pemilu Teduh, Kota Batu Utuh’ yang dipusatkan di hotel Jambu Luwuk Batu, Senin (27/11/2023).


Wakil Ketua MUI Jawa Timur ini memaparkan pentingnya kedewasaan berpolitik dan tabayyun apabila ada berita yang berseliweran bersifat menghasut atau hate speech yang di unggah di media.


Ia mengutip Al Qur'an surat Al Hujurat ayat 13 yang berisi titah Allah SWT bahwa manusia diciptakan laki-laki dan perempuan serta bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal.


“Saya mengajak pada pemahaman bahwa secara natural semua berbeda, namun harus tetap saling memahami dan saling membantu satu sama lain,” ujarnya yang dilansir dari TimesIndonesia.co.id, Kamis (30/11/2023).


Mas'ud yakin, dari pengamatan komparative politics, demokrasi dan pemilu di Indonesia salah satunya yang paling reguler di dunia dan salah satu negara yang sudah dewasa.


“Sebab sudah belasan kali melakukannya sejak 1955,” terangnya.


Lulusan School of Political and International Studies di Flinders University Australia itu menyebut, berbekal kedewasaan politik dan pengalaman panjang itu kali ini tahun 2024 berlangsung damai dan lancar dan semakin teduh dibandingkan dengan pemilu tahun 2014 dan 2019.


Turut hadir perwakilan pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kepolisian, kodim, Kejaksaan Negeri, ketua KPU setempat, Bawaslu, tokoh lintas agama, PCNU, PD Muhammadiyah, dan Kementerian Agama.


Malang Raya Terbaru