• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Tapal Kuda

Prof Mas'ud Said Ungkap Implementasi Pancasila Perlu Desain Baru

Prof Mas'ud Said Ungkap Implementasi Pancasila Perlu Desain Baru
Peresmian taman edukasi kebangsaan. (Foto: NOJ/Sy)
Peresmian taman edukasi kebangsaan. (Foto: NOJ/Sy)

Jember, NU Online Jatim
Kedudukan Pancasila  sebagai ideologi bangsa dan negara tidak perlu diperdebatkan lagi. Terutama dalam konteks historis dan filsafat kenegaraan. Yang diperlukan saat ini adalah implementasi dan penguatan Pancasila sebagai perekat bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma), Prof M Mas'ud Said saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional bertema Relasi Agama dan Negara dalam Konteks Pancasila di Gedung Tembakau Kompleks Rektorat Universitas Jember, Selasa (14/06/2022).

 

"Pancasila sebagai landasan etik idelologis dan moral berbangsa serta bernegara harus tetap dikuatkan. Perlu contoh yang baik di pemerintahan," ujarnya.

 

Seminar yang dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Dr Iwan Taruna itu juga menghadirkan Wakil Ketua MPR Dr Achmad Basarah, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Dr KH Saad Ibrahim, dan Rektor Universitas 17 Agustus Banyuwangi Andang Subaharianto.

 

Prof Mas'ud mengatakan, perlu format dan desain untuk generasi muda dan komponen bangsa dalam implementasi Pancasila. Desain itu harus disesuaikan dengan kondisi kekinian. 

 

"Ini penting sekali bagi mahasiswa dan generasi penerus bangsa," kata lulusan Flinders University.

 

Seminar tersebut dirangkai dengan peresmian Taman Edukasi Kebangsaan oleh Dr Iwan Taruna. Taman tersebut merupakan fasilitas pembelajaran luar ruangan dengan menggabungkan mural dan gambar pahlawan nasional, Presiden RI, peninggalan rumah adat dan Istana Negara lengkap dengan narasi sejarah serta keterangan yang bisa diperoleh secara elektronik.


Tapal Kuda Terbaru