• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Malang Raya

Program Asifa Fatayat NU Tirtoyudo Malang Bangun Soliditas Organisasi

Program Asifa Fatayat NU Tirtoyudo Malang Bangun Soliditas Organisasi
PAC Fatayat NU Tirtoyudo, Malang siapkan program guna bangun soliditas organisasi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
PAC Fatayat NU Tirtoyudo, Malang siapkan program guna bangun soliditas organisasi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Tirtoyudo Kabupaten Malang dalam waktu dekat bakal merealisasikan program kerja Asifa atau Ajang Potensi Fatayat. Program tersebut tidak lain untuk menambah pengetahuan kader Fatayat NU yang mayoritas baru.


Sekretaris PAC Fatayat NU Tirtoyudo Kabupaten Malang, Chikyta Fariha Dewi mengatakan, Program Asifa adalah lomba menyanyikan Mars Fatayat NU dan Shalawat An-Nahdliyah. Hal ini dilakukan guna meningkatkan sisi emosionalitas terhadap organisasi yang dihuni banyak kader baru.


"Sehingga perlu diadakannya kegiatan guna menumbuhkan kedekatan emosional dan soliditas kader dalam berorganisasi," kata Chikyta Fariha Dewi, saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Ahad (27/03/2022).


Chikyta mengungkapkan, output yang diharapkan yaitu para pengurus ranting hafal Mars Fatayat NU dan Shalawat An-Nahdliyah, sebab tidak jarang ada beberapa yang belum hafal. Namun, lebih jauh dari itu sebagai pesan mendalam melalui mars dan shalawat tersebut.


"Selain itu, juga diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap liriknya," ungkap alumnus Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini.


"Pesertanya seluruh Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU se-Kecamatan Tirtoyudo dan akan diselenggarakan di bulan Muharram," imbuhnya.


Sebagai informasi, kepengurusan PAC Fatayat NU Tirtoyudo mengusung jargon ‘Berkhidmat untuk Umat, Berkarya untuk Bangsa'. Sejumlah program keumatan disiapkan, di antaranya Bidang Kesehatan dan Lingkungan menyiapkan program sosialisasi senam Fatayat NU. Ada pula yang berbentuk penyuluhan, yaitu penyuluhan pernikahan usia dini, kesehatan reproduksi, dan tanaman obat keluarga.
 


Sedang di Bidang Pengembangan Ekonomi Menyusun sejumlah agenda, yakni pembuatan kripik pisang dan kue kering, serta pendataan UMKM. Sementara di Bidang Hukum Politik dan Advokasi ada program kerja Pondok Konseling (Poling).


Malang Raya Terbaru