• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Matraman

Prihatin Pernikahan Dini, Fatayat NU Ponorogo Dirikan 'Sahabat Rumah Maslahah'

Prihatin Pernikahan Dini, Fatayat NU Ponorogo Dirikan 'Sahabat Rumah Maslahah'
PC Fatayat NU Ponorogo saat diskusi bersama Relawan Keluarga Kita atau Rangkul bagi pendirian Sahabat Rumah Maslahah. (Foto: NOJ/Arisel)
PC Fatayat NU Ponorogo saat diskusi bersama Relawan Keluarga Kita atau Rangkul bagi pendirian Sahabat Rumah Maslahah. (Foto: NOJ/Arisel)

Ponorogo, NU Online Jatim 
Kian naiknya kasus pernikahan dini membuat prihatin Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Ponorogo, khususnya Bidang Lembaga Konsultasi, Pemberdayaan Perempuan, Dan Perlindungan Anak (LKP3A). Karena itu keberadaan 'Sahabat Rumah Maslahah’ akan dikembangkan di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU, bahkan hingga desa.
 

Kepastian itu mengemuka pada ajang diskusi bersama Relawan Keluarga Kita (Rangkul) di Madrasah Aliyah Ma'arif Ponorogo, Ahad (20/02/2022).
 

"Menanggapi terkait kabar peningkatan kasus pernikahan dini di Ponorogo apalagi saat pandemi berlangsung, PC Fatayat NU Ponorogo membulatkan misi untuk mengurangi angka tersebut,” kata Walida Asitasari, Ketua Rangkul Pawitandirogo Ponorogo.
 

Dosen IAIN Ponorogo ini menyampaikan pihaknya juga akan membuat suatu terobosan bersama Fatayat NU guna merangkul mereka yang kurang beruntung.
 

"Dalam kasus-kasus pelecehan dan hamil di luar nikah, kita tidak pernah membenarkan perbuatannya. Namun ketika sudah terjadi, akankah kita diam saja? Kita akan merangkul mereka," ungkapnya.
 

Untuk lebih mempermudah dalam menjalankan misinya, PC Fatayat NU Ponorogo bersama Rangkul Pawitandirogo membuat sebuah terobosan baru yakni,  sahabat rumah maslahah. Hal ini juga akan dikembangkan di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU di seluruh Ponorogo.
 

"Namanya rumah, tapi bukan diartikan dengan rumah yang biasanya. Namun, setiap agenda kegitan masing-masing PAC mampu menyalurkan kadernya,” terang dia. 
 

Dijelaskan lebih lanjut bahwa sahabat rumah maslahah merupakan bentuk semangat kemanusiaan. Yang mana ide dan jiwanya tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. 
 

"Harapannya sahabat rumah maslahah ini mampu merangkul teman-teman yang kurang beruntung dengan berbagai masalah yang dialami,” harap dia. 
 

Di ujung keterangan, dirinya sangat berharap agar keberadaan sahabat rumah maslahah tidak berhenti di kepengurusan anak cabang. Bahkan bila memungkinkan dapat didorong untuk dikembangkan lebih luas lagi.
 

“Dan semoga tidak terpusat ke PAC Fatayat NU saja, tapi juga mampu sampai ke ranah pimpinan ranting," harap dia.
 

Penulis: Arisel


Matraman Terbaru