• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Malang Raya

Dikukuhkan, 5 Lembaga NU Malang Gelorakan Sinergi dengan Pemkab

Dikukuhkan, 5 Lembaga NU Malang Gelorakan Sinergi dengan Pemkab
Pengukuhan pengurus 5 lembaga PCNU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Pengukuhan pengurus 5 lembaga PCNU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, KH Hamim  Kholili mengukuhkan 5 lembaga dalam naungan PCNU Kabupaten Malang periode 2021 - 2026 di Pendopo Kabupaten Malang, Rabu (23/03/2022) petang.


Hadir dalam pengukuhan ini, yakni Bupati Malang HM Sanusi, Rais PCNU Kabupaten Malang KH Zainul Arifin, Ketua PCNU Kabupaten Malang KH Hamim Kholili, Ketua Lembaga dan banom NU, serta undangan lainnya.


Bupati Malang HM Sanusi mengatakan, bahwa lembaga-lembaga yang ada di NU serta di organisasi lainnya bisa disinergikan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.


"Semoga semua lembaga PCNU Kabupaten Malang dapat bersinergi dengan Pemerintah. Saya sepenuhnya yakin apabila semua lembaga tersebut bergerak bersama Pemerintah, maka insyaallah akan segera terwujud Kabupaten Malang yang makmur," kata HM Sanusi.


Dirinya mengakui, sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Malang, belum ada sinergi dengan lembaga di PCNU Kabupaten Malang. "Ini baru dimulai, sebelumnya belum. Mulai tahun ini kita sinergikan lembaga-lembaga di NU dan dinas terkait agar masyarakat semakin terlayani dengan baik," jelasnya.


Sanusi juga menilai, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak yang berkontribusi secara signifikan, serta diiringi dengan dorongan peran dari Perangkat Daerah, maka visi misi Kabupaten Malang akan cepat tercapai dan terselesaikan.


Dirinya pun menyampaikan, bahwa lembaga-lembaga yang dikukuhkan hendaknya segera menyusun program-program kerja unggulan. Menurutnya, program tersebut hendaknya jangan banyak-banyak, yang akhirnya justru tidak dapat dipertanggung jawabkan.


“Saya berharap agar program ditata dengan baik dan dievaluasi dengan baik pula. Mari semua bekerja karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya," tambahnya.


Sementara Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili mengatakan, bahwa lembaga-lembaga ini merupakan kepanjangan tangan dari PCNU Kabupaten Malang. Ia menyebutkan, bahwa pada dasarnya lembaga di lingkungan PCNU Kabupaten Malang keseluruhan berjumlah 18 lembaga.


“Namun, kali ini yang dikukuhkan hanya 5 lembaga saja, sisanya nanti ketika Musyawarah Kerja (Musyker) PCNU Kabupaten Malang, Sabtu 26 Maret 2022 mendatang," tutur KH Hamim Kholili.


Kiai Hamim berharap, pengukuhan ini dapat menjadi momentum bagi lembaga untuk membuktikan kerja nyata dalam mewujudkan harapan Nahdliyin. Ia pun menegaskan, saat ini adalah era kolaborasi dan sinergi. Oleh karenanya, pihaknya mengaku siap untuk bersinergi dengan Pemkab Malang.


"Kami sudah melakukan rencana strategis (renstra) dan rencana operasional (renop) telah disusun, serta akan dirapatkan saat Musyker nanti. Dari 18 lembaga, semuanya telah menandatangani pakta integritas dan akan melakukan evaluasi setiap tahun. Ini merupakan bukti keseriusan kami untuk berkolaborasi dengan Pemkab Malang dalam mendukung pembangunan yang bermanfaat bagi umat," tandasnya.


Sebagai informasi, di antara lembaga lima yang dikukuhkan tersebut yakni:


Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)
Ketua: KH Imron Rosyadi Syarif
Sekertaris: Agus Ahmad Baidhowi
Bendahara: H Subakir


Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU)
Ketua: KH Maman S Abdul Karim
Sekretaris: Muhammad Aminudin Zuhri
Bendahara: H Nurhadi


Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU)
Ketua: KH Agus Salim
Sekertaris: Hj Nur Rokhmah
Bendahara: H Hasan Bisri


Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU)
Ketua: Abdul Basid
Sekretaris: Ahmad Bahtiar​​​​​​​
Bendahara: Muhammad Nasir
​​​​​​​


Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU)
Ketua: Abdul Majid​​​​​​​
Sekretaris: H Zainuddin
Bendahara: Muhammad Zakariya Bisri Jahuri


Malang Raya Terbaru