• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Malang Raya

Siswa TK Muslimat NU di Malang Dilatih Melukis dengan Jari

Siswa TK Muslimat NU di Malang Dilatih Melukis dengan Jari
Siswa TK Muslimat NU Blau Malang menunjukkan karyanya. (Foto: Istimewa).
Siswa TK Muslimat NU Blau Malang menunjukkan karyanya. (Foto: Istimewa).

Malang, NU Online Jatim

Siswa-siswi TK Muslimat NU Dusun Blau, Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur diajari menggambar dengan teknik khusus, yaitu melukis dengan jari tangan atau finger painting.

 

Sebanyak 60 siswa TK dilatih melukis dengan jari tangan di atas bidang gambar, dengan menggoreskan cat warna secara bebas, hingga membentuk karya seni. Pembimbing dalam kegiatan ini ialah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM).

 

"Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada teknik cap jari dalam menggambar. Serta untuk melatih daya kreativitas siswa dalam menggambar," kata Satyaning Rachmasari, ketua pelaksana kegiatan, dilansir dari siedoo.com.

 

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Siswa dituntut untuk aktif dan kreatif dalam membentuk pola untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah.

 

Kepala TK Muslimat NU, Bawon mengatakan, pelatihan finger painting ini diharapkan dapat mengembangkan motorik halus anak. Selain itu, juga dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat gambar sesuai dengan keinginan masing-masing.

 

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Karena selama ini guru hanya mengajarkan mewarnai saja, tanpa menggunakan teknik finger painting semacam ini,” ujarnya.

 

Pihaknya menambahkan, bahwa pelatihan finger painting ini tidak hanya bermanfaat untuk untuk anak. Tetapi juga untuk menambah pengetahuan guru terhadap teknik pembelajaran dalam menggambar, khususnya untuk anak usia dini.

 

“Diupayakan pelatihan ini akan terus dikembangkan di TK Muslimat NU Blau. Sehingga, dapat menumbuhkan minat anak, khususnya di bidang karya seni,” pungkas Bawon.


Malang Raya Terbaru