• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Malang Raya

Terungkap, Cerita di Balik Penghulu Viral Asal Malang

Terungkap, Cerita di Balik Penghulu Viral Asal Malang
Penghulu asal Malang yang viral, KH Anas Fauzie, di kediamannya. (Foto: NOJ/MJ)
Penghulu asal Malang yang viral, KH Anas Fauzie, di kediamannya. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Penghulu asal Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, KH Anas Fauzie An Nachrowi, viral di media sosial baru-baru ini. Selain karena gaya dan kemampuan Kiai Anas dalam menyampaikan pesan khutbah nikah sebelum ijab kabul, ada juga peran sejumlah orang yang turut berkontribusi besar pada viralnya video Kepala Kantor Urusan Agama Lowokwaru tersebut.

 

Video khutbah nikah Kiai Anas pertama kali diunggah oleh akun TikTok @antzcreator. Akun medsos ini digawangi oleh penyedia video pernikahan, Arif Fikrul. Kiai Anas sudah menjadi penghulu sejak tahun 2009. Dalam setahun kurang lebih seribu akad nikah dia hadiri, sehingga total 12 ribu pasutri yang sudah diijabi oleh Kiai Anas.

 

Satu hal yang menarik, dari penuturan Kiai Anas, malam sebelum mengakadkan calon pasangan suami istri, dia malamnya menirakati (melakukan ibadah, doa-doa, red). Kiai Anas melakukan itu agar si pasangan suami tetap langgeng sampai akhir hayat, tidak ada perceraian.

 

Arif mengamati dan ia melihat cara dan gaya yang dilakukan oleh Kiai Anas menarik, sehingga memantik Arif untuk mengungah video yang ia rekam saat Kiai Anas menyampaikan khutbah nikah. Dia meyakini netizen pasti menyukai cara Kiai Anas mengijabi pasutri.

 

"Jujur, memang saya sudah lama kagum dengan hasil nasihat pernikahan dari beliau. Pas waktu itu sekitar tanggal 25 Agustus 2021 ini proses tiga hari (sebelum dipublish). Memang jam terbang sangat kelihatan, kalau Bapak Anas adalah senior, bisa mengayomi dan membaca kondisi saat proses akad nikah," kata Arif ditemui NU Online Jatim saat silaturrahim di kediaman Kiai Anas, Rabu (01/09/2021).

 

Dugaan Arif betul. Dari beberapa video yang diunggah di medsos, delapan di antaranya mendulang 50 juta penonton. Itu akumulasi penonton dan akun TikTok dan Instagram @antzcreator dan Khalifa Studios. Ada satu video yang viewernya bombastis karena pernyataan Kiai Anas ke mempelai pengantin sangat unik.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru