• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Pendidikan

Tingkatkan Perekonomian, KSM Tematik Unisma Gelar Sosialisasi Inovasi Olahan Pisang

Tingkatkan Perekonomian, KSM Tematik Unisma Gelar Sosialisasi Inovasi Olahan Pisang
Sosialisasi inovasi olahan pisang. (Foto: NOJ/humas)
Sosialisasi inovasi olahan pisang. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Kelompok 22 Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan program pengabdian dengan melakukan sosialisasi inovasi olahan pisang Sang Mulyo. Kegiatan ini ditujukan kepada ibu-ibu PKK Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Kegiatan ini digelar di aula Kantor Desa Srimulyo, Ahad (15/08/2021) dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

 

Ketua PKK Desa Srimulyo, Ibu Ngatemi menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KSM Tematik Desa Srimulyo 2021 Unisma yang telah bersedia membagikan ilmunya tentang pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

"Semoga pemberdayaan yang diberikan dari Mahasiswa KSM Tematik Unisma ini bisa dijadikan pencetus baru sebagai UMKM olahan pisang di Desa Srimulyo, karena Desa Srimulyo inilah sebagai penghasil asli tanaman pisang Sang Mulyo," ucap Ibu Ngatemi.

 

Kemudian Iffah Alfi Masruroh menjelaskan jika Desa Srimulyo memiliki potensi pertanian yang sangat besar diantaranya pisang yang dikenal dengan nama Sang Mulyo. Hasil pertanian andalan Desa Srimulyo ini dapat diolah menjadi berbagai olahan rumah tangga seperti kripik pisang dengan berbagai varian rasa yaitu keju, barbeque, pedas, jagung bakar dan coklat.

 

“Menurut kami, jika masyarakat mau memproduksi olahan pisang ini kemudian dikemas semenarik mungkin dan diberi label pasti memiliki nilai jual yang lebih tinggi, dengan tetap memperhatikan cita rasa dari produk tersebut,” terangnya.

 

Mereka juga mengajak ibu-ibu PKK beserta masyarakat sekitar untuk memanfaatkan hasil pertanian Desa Srimulyo dengan membentuk kelompok-kelompok UMKM.

 

“Tujuannya agar mau memproduksi olahan pisang sebagai camilan ringan, lalu dijual secara online maupun offline guna meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di era pandemi Covid-19,” pungkasnya.

 

Penulis: Raudatul Jannah


Pendidikan Terbaru