• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Pendidikan

Minimnya Minat Baca, Mahasiswa KSM 17 Tematik Unisma Punya Solusi

Minimnya Minat Baca, Mahasiswa KSM 17 Tematik Unisma Punya Solusi
Perpustakaan Pesisir di Taman Amahami. (Foto: NOJ/humas)
Perpustakaan Pesisir di Taman Amahami. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Salah satu mahasiswa KSM-17 Mauladen Irawan melaksanakan program Perpustakaan Pesisir di Taman Amahami Desa Dara, Rasanae Barat Bima, Nusa Tenggara Barat. Penanggung jawab kegiatan, Mauladen Irawan mengatakan Taman Amahami merupakan salah satu destinasi yang cukup banyak dikunjungi dari berbagai daerah dan usia. Banyak masyarakat yang datang ketempat tersebut untuk bersantai ria. Dibangunnya Perpustakan Pesisir agar dapat menarik perhatian pengunjung untuk mau membaca sederet buku yang sudah disediakan oleh para pencetus program ini.

 

“Setelah dilakukannya survei ternyata di Taman Amahami minat membaca dari pengunjung sangat minim. Ini dikarenakan ditempat tersebut hanya tersedia cafe sebagai tempat tongkrongan yang dekat dengan pesisir pantai. Tidak ada opsi lain bagi pengunjung untuk bisa menyalurkan rasa jenuhnya. Akhirnya mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) 17 Tematik Universitas Islam Malang bersama pemuda Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Bima, NTB berinisiatif untuk mendirikan Perpustakaan Pesisir,” kata Mauladen.

 

Kegiatan pengadaan Perpustakaan Pesisir tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar. Sukma Wati selaku pengunjung di Taman Amahami, mengaku senang dengan adanya Perpustakaan Pesisir.

 

“Saya merasa senang sekali karena dengan adanya Perpustakaan Pesisir ini. Saya bisa membaca sambil menikmati suasana pantai yang sangat tenang,” ujar Sukma Wati.

 

Mauladen dan para pemuda Desa Panda berharap Perpustakaan Pesisir tidak hanya dijadikan pajangan di Taman Amahami, tetapi bisa memberikan manfaat yang lebih bagi seluruh pengunjung.

 

“Kami sangat berharap Perpustakaan Pesisir bisa memberi manfaat yang besar bagi pengunjung,” harapnya.

 

Penulis: Nafisah Insah


Pendidikan Terbaru