• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Pendidikan

Mahasiswa KSM Tematik Unisma Bantu Penyambungan Dinding Penahan Jalan

Mahasiswa KSM Tematik Unisma Bantu Penyambungan Dinding Penahan Jalan
Proses penyambungan dinding penahan jalan. (Foto: NOJ/humas)
Proses penyambungan dinding penahan jalan. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Kelompok 113 Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) membuat perencanaan proyek dinding penahan tanah yang sebelumnya ambruk di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupatan Malang. Dinding penahan jalan sendiri berfungsi menjaga drainase dan mencegah tergerusnya infrastruktur jalan, sehingga kondisi jalan menjadi baik. Dalam proses pembuatan perencanaan proyek ini tidak lepas dari arahan dan saran Dosen Pembimbing Lapangan, George Winaktu.

 

Proses pemulihan talud yang rusak supaya bahu jalan tidak mengalami pengikisan terlalu luas sampai ke jalan raya. Dalam hal ini, mahasiswa KSM Tematik Unisma membantu perencanaan desain dan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga mempermudah desa untuk membangun kembali talud yang rusak secara efesien dan terstruktur.

 

“Desa ingin membangun kembali talud yang roboh agar warga sekitar tidak terlalu khawatir untuk melintasi jalan sehingga dari desa meminta bantuan kepada mahasiswa sipil ini untuk merencenakan talud serta anggaran yang diperlukan,” kata Bambang selaku perangkat desa, Kamis (19/08/2021).

 

Dalam menanggapi hal tersebut mahasiswa KSM Tematik Unisma membantu sesuai bidang keilmuan yang didapat saat kuliah kemudian di praktekkan ke Desa Mulyoarjo dalam perencanaan pembangunan talud.

 

Upaya ini dilakukan atas diskusi antara mitra ke mitra yaitu kepala desa, masyarakat dan mahasiswa yang mewaspadai terjadi sesuatu terhadap pengguna jalan yang melintas.


Pendidikan Terbaru