• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Malang Raya

Kiai Marzuki Minta Tiap MWCNU Punya Mobil Ambulans

Kiai Marzuki Minta Tiap MWCNU Punya Mobil Ambulans
Anggota LAZISNU di Malang mencoba ambulans operasional. (Foto: NOJ/MJ)
Anggota LAZISNU di Malang mencoba ambulans operasional. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Masyarakat kelas menengah ke bawah masih kesulitan mendapatkan akses transportasi ketika sakit yang diharuskan dibawa ke klinik atau rumah sakit. Karena itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Marzuki Mustamar berharap nantinya tersedia mobil ambulans di setiap kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Jatim.

 

"Kepada MWCNU yang lain di Jawa Timur, upayakan bagaimana caranya agar punya mobil ambulans. Kami tidak tahu (caranya bagaimana), kalian lebih pintar cari cara sendiri," kata Kiai Mustamar saat acara penyerahan hibah ambulans dari seorang pengusaha ke Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lowokwaru, Malang, Sabtu (28/08/2021).

 

Dengan adanya ambulans, diharapkan banyak masyarakat yang tidak mampu dan membutuhkan pertolongan untuk mengantar-jemput pasien atau jenazah bisa terlayani. Nantinya, mobil ambulans tersebut digratiskan, jika memang yang membutuhkan dari keluarga tidak mampu. Bagi yang berniat untuk memberikan ongkos sopir, bahan bakar mobil, atau operasional lainnya dipersilakan.

 

"Yang di Malang, Kecamatan Sukun, Kedungkandang, Blimbing Klojen, upayakan semua mempunyai ambulans, sehingga NU bisa melayani semuanya," ungkap kiai sekaligus dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut.

 

Ia juga meminta agar ambulans yang dioperasikan NU tidak melayani warga dengan melihat latar belakang agama, suku, dan organisasinya. Siapa pun dan dari mana pun harus dilayani jika betul-betul membutuhkan.

 

"Baik muslim, non-Muslim, China, Arab, Madura, NU, Muhammadiyah, sekiranya butuh pertolongan agar dilayani," kata Kiai Marzuki.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru