• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Malang Raya

Ketua Satgas NU Malang Terbitkan Buku 'Kupas Tuntas Vaksin Covid-19'

Ketua Satgas NU Malang Terbitkan Buku 'Kupas Tuntas Vaksin Covid-19'
Buku 'Kupas Tuntas Vaksin Covid-19' karya dr Syifa Mustika. (Foto: NOJ/Madchan J).
Buku 'Kupas Tuntas Vaksin Covid-19' karya dr Syifa Mustika. (Foto: NOJ/Madchan J).

Malang, NU Online Jatim

Buku literasi seputar pandemi baik virus Covid-19 maupun vaksinasi belum banyak dikonsumsi publik. Oleh karenanya, Nahdliyin pegiat kesehatan di Kota Malang menerbitkan buku khusus mengulas vaksinasi dan Covid-19 tersebut.

 

Buku tersebut berjudul 'Kupas Tuntas Vaksin Covid-19' karya Ketua Satgas Covid-19 NU Malang Malang Raya, dr Syifa Mustika. Buku tersebut berisi segala sesuatu yang berkaitan dengan vaksin, mulai dari definisi, jenis hingga kaitannya dengan kehalalan versi agama.

 

"Kemudian vaksin dari sisi agama, fatwa-fatwa ulama terkait vaksin dan Covid-19, dan lain sebagainya," kata dr Syifa Mustika melalui sambungan telepon, Kamis (26/08/2021).

 

Menurut dr Syifa, buku tentang vaksin secara umum sudah ada, namun buku yang membahas tentang vaksin untuk Covid-19 hingga saat ini belum ada karena termasuk jenis penyakit baru. Bahkan, kemunculan vaksin pun baru muncul sekitar enam bulan yang lalu.

 

“Atas dasar itu, saya menerbitkan buku tersebut sebagai media edukasi kepada masyarakat melalui literasi,” ujar dokter peraih Women of The Year Malang Raya 2020 versi Times Indonesia.

 

Dokter yang juga praktek di RS Lavalette dan RS Hermina Malang ini berharap, dengan buku tersebut dapat membuka wawasan bagi masyarakat terkait vaksinasi. Ia menyebutkan, buku tersebut bakal dirilis tanggal 30 Agustus 2021. Pada momen ini, direncanakan juga akan dilakukan vaksinasi santri se-Malang Raya.

 

“Jumlah halaman buku tersebut diperkirakan 180-an halaman. Jumlah pastinya belum diketahui, karena buku baru jadi setelah melalui proses editing beberapa waktu yang lalu,” terang perempuan yang juga penulis buku 'The New Normal Life' tersebut.

 

Diketahui, dalam buku tersebut juga telah mendapat respons atau tanggapan dari Kementerian Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan tokoh-tokoh lainnya. Termasuk Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj yang memberikan pengantar di buku tersebut.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru