• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Berdayakan Perempuan, Muslimat NU di Madiun Gelar Pelatihan Pembuatan Abon

Berdayakan Perempuan, Muslimat NU di Madiun Gelar Pelatihan Pembuatan Abon
Pelatihan membuat abon. (Foto: NOJ/Mirna)
Pelatihan membuat abon. (Foto: NOJ/Mirna)

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun terus berupaya memberdayakan kaum perempuan khususnya dari kalangan NU di tengah masa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan pembuatan abon. 

 

Pelatihan ini merupakan implementasi dari apa yang telah didapat oleh ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Madiun, Lailatul Istiqomah, pada pelatihan yang diadakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Madiun. 

 

Dirinya menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa menambah keterampilan seorang ibu dalam menyiapkan menu keluarga. Selain itu juga dapat menciptakan wirausaha baru di jamaah Muslimat NU.


"Jika keterampilan ibu-ibu nanti dikembangkan, akan bisa menambah income keluarga sehingga dapat membantu perekonomian keluarga di masa pandemi ini," kata Lailatul, Ahad (10/01/2021).

 

Pelatihan ini juga menghadirkan narasumber dari jamaah Muslimat NU Ranting Gunungsari, Sulistyowati yang memiliki kemampuan di bidang olahan makanan. Peserta diberi materi tentang cara pembuatan abon dan diajak praktek langsung membuat abon.


"Tidak ada sesi khusus untuk penyampaian materi. Peserta langsung dibagi menjadi empat kelompok. Dan setelah diberi sedikit wawasan tentang cara membuat abon, tiap kelompok langsung praktek membuat abon dipandu oleh pemateri," jelasnya.

 

Kegiatan yang berlangsung di gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Madiun ini dikuti oleh perwakilan 2 orang dari setiap Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU se-Kecamatan Madiun serta perwakilan dari PAC Fatayat NU Kecamatan Madiun. 

 

Acara ini dibuka oleh Rais MWCNU Kecamatan Madiun, H Musthofa Ibrahim dan tokoh-tokoh NU di Kecamatan Madiun lainnya.

 

H Musthofa menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh PAC Muslimat NU Kecamatan Madiun.


"Warga NU harus bisa kreatif dan inovatif, mampu memanfaatkan setiap peluang untuk mengembangkan perekonomian, khususnya di kalangan warga NU sendiri," terangnya.

 

Salah seorang peserta pelatihan, Halimah menyampaikan ucapan terima kasih kepada PAC Muslimat NU Kecamatan Madiun yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Dia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi untuk dapat membuka usaha.

 

"Saya berterima kasih kepada PAC Muslimat NU kecamatan Madiun, telah melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga ini menjadi inspirasi agar kami dapat membuka usaha baru dan dapat menambah income keluarga," tuturnya.

 

 

Penulis: Mirna Nur Asyiyah

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru